MUNASLUB GOLKAR: Agung Tegaskan Voting Tertutup

Agung Laksono
Agung Laksono

Bali, KABAROKE – Satu persatu kader senior Partai Golkar angkat suara perihal proses pemilihan Ketua Umum Munaslub. Setelah Jusuf Kalla, Aburizal Bakrie dan Theo L Sambuaga, kini giliran Agung Laksono yang angkat bicara.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, itu secara tegas mendorong pemilihan Calon Ketua Umum Golkar sesuai prosedur dengan voting tertutup. Bukan ujub-ujub memaksakan pemilihan secara aklamasi.

“Sebaiknya sesuai agenda yang sudah disepakati. Tidak perlu terburu-buru. Jangan dipaksakan sebelum waktunya,” kata dia di Nusa Dua, Bali, Minggu, 15 Mei.

Agung mengingatkan, pemilihan Caketum Golkar harus sesuai tata tertib Munaslub yang berbasis AD/ART partai. Semua tahapan harus diikuti, diawali dengan voting tertutup.

“Mekanismenya ada dua tahapan. Tahapan pertama semuanya tertutup, setelah proses penjaringan kemarin, sosialiasi, dan kampanye selesai, nanti tahapan untuk pendukungan dulu siapa yang di atas 30 persen bisa masuk ke gelombang kedua ke tahap pemilihan,” sebut Agung.

Barulah jika memang ada calon yang sangat kuat mungkin caketum tersebut bisa ditetapkan secara aklamasi. Itu pun, lanjut mantan Ketua DPR ini, ada prosedur yang harus diikuti.

“Bilamana hanya satu, otomatis itu yang jadi Ketum Golkar. Bilamana ada dua di atas 30 persen, dua-duanya dipertandingkan. Semuanya harus terbuka, terbuka artinya dilihat tidak boleh diam-diam,” tegas Agung. (rm/jk)

Related posts

Leave a Comment