Kejar Target Turunkan Harga Daging Sapi, Kemendag Lakukan Program Ini

Daging Sapi
Daging Sapi

Jakarta, KABAROKE –  Pemerintah antisipasi melonjaknya harga kebutuhan bahan pokok menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. Dengan menjaga stok barang dan mempercepat pengadaan barang kebutuhan pokok dari impor.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemdag) Karyanto Suprih menjelaskan. Kemendag telah berkoordinasi dengan seluruh Kementerian dan lembaga terkait, untuk membantu menjalankan program tersebut.

“Intervensi dan pemasukan (barang impor) dipercepat,” ujarnya

Tidak hanya itu, terkait dengan penekanan Presiden Joko Widodo agar harga daging sapi stabil di angka Rp 85.000/kg pada bulan suci tersebut.

Ia mengaku pihaknya telah merekomendasikan impor sapi hingga 250.000 ekor sampai September 2016. Dan separuh dari impor daging sapi sebanyak 10.000 ton telah diberikan ke PT Berdikari.

Disisi lain, lanjutnya. Kemendag juga juga akan membuka impor sapi dari India.

“Presiden  menargetkan harga daging sapi turun menjadi Rp 85.000 per kilogram (kg). Kini kita tunggu Kementerian Pertanian (Kementan) yang tengah melakukan verifikasi, Bila dinyatakan aman, izin impor sapi dari India bisa diberikan,” lanjutnya.
Seperti yang diketahui. Dari data Kemdag, sampai Jumat (13/05) kemarin. Harga daging sapi di Jakarta masih Rp 112.730 per kg, dan rata-rata nasional Rp 112.680/kg. (Iqbal)

Related posts

Leave a Comment