Wajib Baca! Ini 5 Kesalahan Mengonsumsi Susu

Ilustrasi
Ilustrasi

KABAROKE – Susu dipercaya mendatangkan manfaat untuk kesehatan. Khususnya untuk kesehatan tulang, karena kandungan kalsiumnya.

Banyak cara dilakukan orang untuk mengonsumsi susu. Tapi, hati-hati. Mengonsumsi susu ternyata memiliki aturan tersendiri.

Berikut merupakan kesalahan orang dalam mengonsumsi susu yang belum banyak diketahui:

1. Mencampur susu dengan teh

Minuman teh susu memang paling enak dibuat bersantai tapi ternyata punya efek tidak bagus, lho. Sebagaimana dikutip dari ScienceDaily, peneliti dari Charite Hospital, University of Berlin, Jerman menyatakan teh memang berfungsi meningkatkan aliran darah dan kemampuan arteri berelaksasi. Tapi kalau dicampur susu, maka bisa menghambat efek perlindungan dari teh.

Selain itu susu mengandung protein kasein yang bisa menurunkan sejumlah komponen yang terdapat dalam teh, semisal catechin yang sangat bermanfaat untuk melawan penyakit jantung.

2. Minum obat pakai susu

Kamu yang sedang sakit dan minum obat, jangan pernah meminumnya menggunakan susu. Dikutip dari everyday HEALTH, alasannya karena beberapa obat punya kandungan tetrasiklik yang akan bereaksi dengan susu. Hal ini akan membuat kalsium justru akan mengikat antibiotik sehingga obat nggak bisa terserap tubuh.

3. Minum susu setelah makan jeruk

Kalau kamu habis makan jeruk, jangan langsung minum susu. Sebagaimana dikutip dari People.cn, minum susu setelah makan jeruk bisa memengaruhi penyerapan nutrisi asam buah dalam jeruk yang bertemu dengan protein dalam susu. Hal ini bisa membuat gangguan pencernaan, seperti kembung bahkan diare.

4. Mengonsumsi susu dan cokelat

Melansir dari HEALTH InfoNIAC, susu dikenal mengandung kalsium yang baik, sedangkan cokelat mengandung asam oksalat yang menghambat penyerapan kalsium. Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition tahun 2008, cewek yang makan satu porsi atau lebih cokelat setiap hari memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah dibandingkan cewek yang konsumsi cokelatnya jarang.

Kalau susu bercampur cokelat dipadukan jelas bisa menghambat penyerapan kalsium.Kalau sampai terhambat, bisa terjadi pembentukan kristal yang mengiritasi lambung dan membentuk batu ginjal. Untuk penderita batu ginjal dengan banyak kandungan oksalat dalam tubuh, nggak boleh mengonsumsi susu dengan cokelat. Mereka justru harus mengurangi jumlah makanan yang mengandung oksalat, seperti cokelat, bayam, brokoli, dan kedelai. Sebaliknya, mereka justru harus meningkatkan konsumsi makanan dan minuman berkalsium tinggi.

5. Tidak memerhatikan waktu penyimpanan

Susu cair dalam kaleng akan bertahan sampai 48 jam jika tertutup rapat dan langsung masuk kulkas. Susu dalam kotak bisa bertahan 1 bulan dalam suhu kamar, Sedangkan bila sudah dibuka, bisa bertahan satu hari di dalam kulkas. Susu bubuk yang sudah dibuka, harus ditutup rapat, simpan pada tempat sejuk dan kering, gunakan maksimal 2—4 minggu. (ps/jk)

Related posts

Leave a Comment