Kapolri : Tak Masalah Ada Dua Jenderal Polisi

Jenderal Tito Karnavian dan Jenderal Budi Gunawan (dok net)
Jenderal Tito Karnavian dan Jenderal Budi Gunawan (dok net)

Jakarta, KABAROKE — Sekarang ada dua orang polisi aktif berpangkat jenderal penuh alias berbintang empat,yaitu Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Jenderal Polisi Budi Gunawan. Karnavian yang kini menjabat Kepala Kepolisian Republik Indonesia tidak mempermasalahkan hal itu.

Gunawan kemarin dilantik menjadi kepala BIN, menggantikan Sutiyoso, dan langsung berpangkat jenderal polisi dari semula komisaris jenderal polisi (bintang tiga). Dulu juga pernah terjadi hal serupa, saat Jenderal Polisi (saat itu) Sutanto menjadi kepala BIN, sementara Jenderal Polisi Hendarso Danuri menjadi kepala Kepolisian Indonesia.

“Tidak ada masalah, sebab dalam struktur Polri hanya ada satu jenderal,” ujar Karnavian, seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 10 September.

Menurut Tito, kewenangan penanganan komando Kepolisian Indonesia hanya berada di satu tangan, yaitu di tangan dia. Adapun, Gunawan –seniornya– memiliki kendali penuh di Badan Intelijen Negara (BIN).

“Kami tetap menjaga komunikasi dan Polri sepenuhnya mendukung langkah-langkah Kepala BIN. Semoga kerja sama antara Polri dan BIN semakin meningkat,” kata Karnavian. (***)

Related posts

Leave a Comment