Nusantara Bersatu, Ini Kata Gubernur, Pangdam dan Kapolda Sulsel

Panglima TNI Mayjen Agus dan Kapolda Sulsel Irjen Anton Charliyan dalam Kegiatan Nusantara Bersatu di Makassar
Panglima TNI Mayjen Agus dan Kapolda Sulsel Irjen Anton Charliyan dalam Kegiatan Nusantara Bersatu di Makassar

Makassar, KABAROKE — Ribuan masyarakat mengikuti Apel Nusantara Bersatu di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu 30 November. Sejumlah tokoh masyarakat, Gubernur Sulsel, Pangdam VII Wirabuana dan Kapolda Sulsel turut hadir dalam kegiatan nasional dengan tema “Indonesia Milikku, Milikmu, Milik Kita Bersama” itu.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL), mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mempersatukan segala perbedaan seperti ideologi, suka, ras hingga agama. Menurutnya, masyarakat Sulsel dengan budayanya tidak akan tinggal diam jika tanah kelahirannya diganggu oleh orang-orang yang hanya ingin memenuhi kepentingan pribadi.

“Kalau ada yang mengganggu NKRI, Pancasila, ini sudah harga mati bagi orang Bugis, Makassar, Toraja dan suku lainnya di Sulsel, untuk bangkit membela. Kita pasti tidak tinggal diam,” kata Syahrul di hadapan ribuan orang.

Berlangsungnya Apel Nusantara Bersatu di seluruh Indonesia menjadi bukti nyata Indonesia masih mampu menjaga kesatuan dalam keberagaman yang begitu banyak. Terlebih dengan banyaknya masyarakat yang turut ambil andil dan hadil dalam kegiatan tersebut sembari membawa Bendera Merah Putih.

Prajurit TNI Melakukan Atraksi Sekaligus Memperlihatkan Kekompakannya
Prajurit TNI Melakukan Atraksi Sekaligus Memperlihatkan Kekompakannya dalam Kegiatan Nusantara Bersatu di Makassar

Panglima Kodam VII Wirabuana, Mayjen TNI, Agus Surya Bakti, pun menjamin NKRI akan terus aman dan akan terus terjaga dalam kesatuan bersama masyarakat Indonesia. Ia juga menyatakan siap membela tanah air Indonesia dari pihak-pihak yang mencoba mengusik kedamaian dan ketentraman bangsa.

“Kita tidak ingin Sulsel atau Makassar dikotori oleh oknum-oknum yang merusak kebersamaan, kebhinekaan, kami akan jaga bersama-sama seluruh masyarakat di Sulsel,” katanya.

Kapolda Sulsel Irjen Anton Charliyan dalam Kegiatan Nusantara Bersatu di Makassar
Pangdam Kodam Wirabuana Mayjen Agus dan Kapolda Sulsel Irjen Anton Charliyan dalam Kegiatan Nusantara Bersatu di Makassar

Sementara itu, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Anton Charliyan, mengimbau kepada masyarakat agar terus mempertajam kesatuan dalam keberagaman. Makna Bhineka Tunggal Ika yang menjadi landasan utama Indonesia harus terus dijaga. Terus menjaga satu dalam keberagaman.

“Masyarakat kita masyarakat yang majemuk. Itu sudah menjadi ciri khas kita. Mari kita jaga Bhineka Tunggal Ika dalam kebersamaan,” ungkapnya. (Yasir)

Related posts

Leave a Comment