DPD Dukung Tindak Lanjut IORA Untuk Dorong Pembangunan Daerah

Senator Asal NTB Farouk Muhammad
Senator Asal NTB Farouk Muhammad

Jakarta, KABAROKE — Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Farouk Muhammad, mengapresiasi keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah KTT IORA 2017 pada tanggal 7 Maret 2017 yang lalu. Lebih jauh, Guru Besar PTIK ini juga mendorong Pemerintah untuk segera menindaklanjuti hasil KTT tersebut demi mendorong pembangunan di Indonesia. “Sebagai organisasi kerja sama kawasan yang meliputi 21 negara anggota dan 7 negara mitra wicara, IORA memiliki potensi besar untuk menjadi sasaran pengembangan ekspor Indonesia di luar pasar tradisionalnya,” tutur Farouk.

IORA yang didirikan pada Maret 1997 ini menghubungkan berbagai kawasan yang ada di sekeliling Samudera Hindia, meliputi sebagian Asia Tenggara, Asia Selatan, Timur Tengah dan bagian timur Afrika. Kawasan-kawasan tersebut merupakan wilayah yang ekonominya sedang tumbuh dengan pesat dan menjadi pasar potensial bagi Indonesia. “Tindak lanjut kerja sama dengan masing-masing negara, seperti yang telah dilakukan terhadap Afrika Selatan dalam rangkaian KTT IORA kemarin, harus segera dilakukan,” paparnya.

Farouk juga menambahkan bahwa potensi kerja sama yang besar dengan IORA ini juga dapat diarahkan untuk mendorong pembangunan di daerah, seperti dalam sektor investasi maupun pariwisata. “Negara-negara yang tergabung dalam IORA sangat potensial menjadi mitra bagi pembangunan daerah,” tandas senator dari NTB ini. Lebih jauh lagi, negara-negara IORA juga dapat menjadi pintu masuk untuk memasuki beragam kawasan potensial yang lain seperti Afrika dan Timur Tengah. “Negara-negara anggota IORA bisa menjadi pintu masuk ke Afrika, yang potensi pasarnya mencapai 550 miliar dolar AS pada tahun lalu,” lanjut Farouk.

Farouk melanjutkan bahwa pemerintah pusat dan daerah selayaknya segera melakukan koordinasi untuk menggali potensi kerja sama antara daerah dengan negara-negara anggota IORA tersebut. “Sebagai contoh, daerah bisa memanfaatkan momentum ini untuk memperkuat kerja sama seperti sister city yang diikuti dengan program-program kongkrit yang membawa manfaat bagi masyarakat,” pungkas Farouk. (***)

Related posts

Leave a Comment