Pukat Sulsel Desak BPK Transparan Terkait CSR

Direktur Pukat Sulsel
Direktur Pukat Sulsel Farid Mamma

Makassar, KABAROKE – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di sinyalir tidak transparan hingga saat ini, terkait dengan hasil pemeriksaan Pengelolaan CSR di seluruh perusahaan yang ada di Kota Makassar.

Direktur Pusat Kajian Advokasi Anti Korupsi (Pukat) Sulsel, H. Farid Mamma, SH, MH mengungkapkan, jika terdapat ribuan perusahaan yang tidak jelas kemana pemeriksaan Pengelolaan CSR, yang diduga bahwa BPK tidak transparansi.

“Ribuan perusahaan yang tersebar di Makassar, tapi tidak jelas kemana CSR-nya. Ini patut dipertanyakan oleh masyarakat. Dimana pertanggungjawaban CSR tersebut,” tegas Farid, saat dikonfirmasi, Selasa 21 Maret 2017.

Dalam aturan CSR bagi perusahaan, wajib dikeluarkan untuk kepentingan masyarakat. “Nah kita kembali berhitung, coba Disnaker buka data berapa jumlah perusahaan swasta yang ada di Makassar, sekarang tinggal ditanya dimana CSR-nya dengan jumlah itu,” terang Farid.

Lanjutnya, ia juga menyebutkan salah satu perusahaan yang patut dipertanyakan CSR-nya, seperti Perusahaan Daerah (Perusda) Air Minum (PDAM) Makassar, PD Terminal, PD Pasar dan PD Parkir sendiri.

“Dimana CSR-nya, larinya kemana, kasihan masyarakat tidak mendapatkan apa-apa. Padahal itu merupakan haknya. Banyak anak-anak putus sekolah dan kurang gizi, itu karena kebutuhannya tidak terpenuhi. Sementara ada sumber haknya tidak diberikan, semacam CSR,” ungkap Farid, yang juga salah satu pengacara ternama ini.

Adik mantan Wakabareskrim Mabes Polri, Irjen Pol Syahrul Mamma ini, mengatakan, banyak modus yang dilakukan pihak eksekutif dengan perusahaan yang berkewajiban mengeluarkan CSR. Ada yang modus CSR-nya dibelikan pot taman atau sejenisnya.

“Padahal peruntukannya jelas untuk kebutuhan sosial masyarakat. Namanya saja CSR atau Coorporate Social Responsibility,” pungkasnya. (Arman)

Related posts

Leave a Comment