Tiga Bulan Dana BOS untuk Kota Makassar belum Cair, Ini Penyebabnya

Irman Yasin Limpo alias None (dok net)
Irman Yasin Limpo alias None (dok net)

Makassar, KABAROKE — Dana Bantuan Operasional Sekolah atau BOS untuk Kota Makassar masih tertahan di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Seharusnya, dana Dana BOS untuk ratusan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Makassar cair sejak Januari 2017 lalu.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Ismunandar mengungkapkan pihaknya telah berulangkali bersurat untuk mempertanyakan penyebab dana yang menjadi hak siswa itu belum juga dicairkan. Namun, kata Ismunandar, pihak Dinas Pendidikan Sulsel memberikan jawaban yang terkesan tak masuk akal.

“Alasannya (Dinas Pendidikan Sulsel), orang yang biasanya bertanggung jawab urus pencairan dana BOS sedang bertugas ke luar daerah. Padahalan sudah tiga bulan (dana BOS) ini belum cair,” kata Ismunandar, Selasa, 28 Maret 2017.

Hambat Proses Belajar-Mengajar

Akibat tersendatnya pencairan dana BOS, Ismunandar mengungkapkan, sebanyak tiga puluh sekolah di Makassar terhambat proses belajar mengajarnya. Hambatan yang dimaksudnya, antara lain, sejumlah sekolah harus mengalami pemutusan sambungan listrik lantaran belum mampu membayar tagihan.

Selain itu, kata dia, sejumlah sarana dan prasarana penunjang operasional sekolah juga minim perawatan akibat tidak adanya anggaran. Meski begitu, Ismunandar menegaskan pihak sekolah dalam keadaan apapun tidak boleh memaksakan untuk memungut uang kepada siswa ataupun orang tua siswa.

“Aturannya kan sekolah – sekolah di Makassar tidak diperbolehkan menarik iuran dari siswa ataupun orang tua siswa kecuali sumbangan yang sifatnya sukarela dan disetorkan ke nomor rekening yang jelas serta pengelolaannya harus transparan,” jelasnya. (Yasir)

Related posts

Leave a Comment