5 Negara Ini Abadikan Nama Soekarno Menjadi Jalan dan Tempat

jalan nama soekarno
jalan nama soekarno

Jakarta, KABAROKE — Selama 22 tahun, Soekarno memimpin rakyatnya dan berhasil membawa negara ini ke pintu kemerdekaan. Setahun setelah Indonesia merdeka, wajah Soekarno muncul di Majalah Times .

Ya, dia menjadi salah satu orang paling berpengaruh. Sosoknya tak hanya disegani, Soekarno juga dihormati diseluruh belahan dunia.

Melihat eksistensi itu, sejumlah negara bahkah menyematkan nama Soekarno untuk dikenang. Dikutip laman brilio, ada tiga jalan dan tempat di dunia yang menggunakan nama Soekarno:

1. Mesir
Mesir adalah satu-satunya negara yang mengakui kedaulatan Indonesia secara de facto dan de jure pada saat itu. Perjanjian persahabatan Mesir-Indonesia ini merupakan kemenangan pertama diplomasi Indonesia di luar negeri.

Saat itu, sebagai bentuk keharmonisan kekerabatan dua pemimpin negara–Soekarno dan Gammal Abdul Nasser–disematkanlah nama sang proklamator di Mesir. Namanya Jalan Ahmed Soekarno.

2. Pakistan
Soekarno adalah presiden yang paling disegani di dunia, karena kharismanya. Bahkan di Pakistan, Soekarno bahkan mendapat hati atas jasa-jasanya. Nah sebagai bentuk penghormatan, ada dua tempat di Pakistan yang diberi nama Soekarno.

Soekarno Square Khyber Bazar di Peshawar, dan Soekarno Bazar, di Lahore. Saat Pakistan dan India sedang konflik dan memanas, dan pada saat itu Bung Karno mengirim TNI AL berpatroli di laut selatan pada 1965.

3. Maroko
Pada 2 Mei 1960, Raja Muhammad V meresmikan sebuah Jalan di Maroko, saat Soekarno melakukan kunjungan.

 

Jalan tersebut diresmikan dengan nama sharia Al-Rais Ahmed Sukarno. Saat ini, jalan tersebut terkenal dengan nama Rue Soukarno. (***)

Related posts

Leave a Comment