Kunjungan ke Pantai Akkarena Meningkat 3 Kali Lipat

Kunjungan ke Pantai Akkarena Meningkat
Kunjungan ke Pantai Akkarena Meningkat

Makassar, KABAROKE — Kunjungan ke Pantai Akkarena, Kota Makassar, Sulsel, mengalami lonjakan signifikan mencapai tiga kali lipat, rentang Sabtu-Senin, 22-24 April. Lonjakan pengunjung terjadi lantaran adanya momentum libur long weekend alias libur panjang akhir pekan. Warga Kota Daeng memilih Pantai Akkarena yang berada di bawah naungan PT Gowa Makkassar Tourism Devolepment (GMTD) dengan alasan murah, aman dan terjangkau.

Public and Media Relation PT GMTD Hasrul mengungkapkan tercatat sekitar 2.000 sampai 5.000 pengunjung yang ‘menyerbu’ objek wisata Pantai Akkarena pada libur long weekend kali ini. Padahal, pada hari biasa, kunjungan ke objek wisata yang terletak di tengah Kota Makassar itu hanya berkisar 5.00-1.500 orang. “Kunjungan meningkat sampai tiga kali lipat,” kata Hasrul, Senin, 24 April.

Menurut Hasrul, meningkatnya kunjungan ke Pantai Akkarena pada libur long weekend sudah diantisipasi dengan peningkatan pelayanan untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung. PT GMTD selaku pengelola Pantai Akkarena menempatkan sejumlah penjaga pantai dan menggandeng unsur Badan SAR Nasional (Basarnas). “Faktor keamanan dan kenyamanan selalu kami utamakan,” tutur dia.

Dari pantauan awak media, kunjungan ke Pantai Akkarena didominasi oleh mereka yang sudah berkeluarga maupun komunitas. Mereka tampak asyik bermain pasir dan ada pula yang berendam, meski cuaca di Kota Makassar terbilang terik. Pengelola Pantai Akkarena juga memasang pembatas berupa tanggul pemecah ombak sehingga aktivitas pengunjung lebih aman dari potensi terseret ombak.

Salah seorang pengunjung, Andini (28), mengatakan pihaknya memilih menghabiskan waktu liburan long weekend di Pantai Akkarena dengan alasan lokasinya terjangkau. Selain itu, lokasi Pantai Akkarena juga terbilang bersih ketimbang objek wisata pantai lain di Kota Makassar. “Di sini lebih bersih dan aman. Pantainya juga tidak di dalam. Jadi, aman untuk anak-anak,” ucap Andini yang datang bersama rombongan keluarganya.

Menurut Andini, opsi untuk berwisata ke luar daerah saat liburan long weekend sebenarnya cukup terbuka. Namun, pihaknya mempertimbangkan jarak dan biaya yang tentunya akan lebih besar. “Lebih baik di Pantai Akkarena saja. Karena di sini kan tidak jauh dan tidak perlu repot,” ucap dia.

Pengunjung lainnya, Gampang (32), mengatakan berlibur di Pantai Akkarena karena pertimbangan biaya yang lebih murah dibandingkan harus berwisata ke luar daerah. Belum lagi, lanjut dia, tenaga akan terkuras bila harus bepergian jauh ke daerah. “Kalau di sini (Pantai Akkarena) kan dekat, apalagi liburan hanya sampai hari ini. Besok (Selasa, 25 April) sudah harus masuk kerja lagi,” ucap karyawan swasta di Kota Makassar itu. (tyk)

Related posts

Leave a Comment