KNPI Versi Yasir Mahmud Beri Penghargaan Bagi Guru di Pulau dan Daerah Terpencil

KNPI Sulsel Berikan Penghargaan ke Insan Pendidikan
KNPI Sulsel Berikan Penghargaan ke Insan Pendidikan

Makassar, KABAROKE — Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulsel Yasir Mahmud menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan memberikan penghargaan bagi insan pendidikan dengan dedikasi tinggi. Penghargaan diberikan bertepatan dengan momentum Hardiknas pada 2 Mei di Warkop CCR. KNPI memberikan penghargaan berupa bantuan kepada guru yang sudah lama mengabdi di pulau maupun di daerah terpencil.

Dengan mengangkat tema ‘ Bakti Pemuda untuk Pendidik’, KNPI Sulsel versi Yasir memberikan penghargaan tersebut kepada tiga guru berprestasi. Berikut profil singkat ketiga guru dengan dedikasi tinggi tersebut :

I. Ato Pramudianto :  tenaga pendidik di SMAN 16 Gowa, Kecamatan Biring Bulu, Kabupaten Gowa. Mengabdi sejak tahun 2014 hingga sekarang Beberapa kendala dilapangan yakni kurangnya akses informasi, daerah yang terpencil, budaya masyarakat yg masih lebih mementingkan mendapatkan uang daripada pendidikan.sarana prasrana yang belum memadai.

II. Amaruddin : tenaga honorer di SMP/SMA di Pulau Satanga. Mengabdi sejak tahun 2011. Beberapa kendala yang dihadapi yakni  masalah sarana dan prasarana yang belum memadai, penerangan yang belum terlalu mendukung, jaringan untuk berkomunikasi tidak terjangkau, jalur transportasi yang sangat beresiko jika cuaca sedang buruk dan keterbatasan untuk menggunakan IT karena terkendala dengan jaringan.

III. Abdul Azis : tenaga honorer SD Inpres 40 Tompotanah di Pulau Tanakeke, Kabupaten Takalar. Mengabdi sejak tahun 2004 sampai sekarang. Kendala selama mengajar yakni sulitnya akses menuju lokasi karena harus menyeberang laut dan moda transportasi hanya tersedia sekali dalam sehari.

Ketua KNPI Sulsel Yasir Mahmud mengatakan perhatian khusus bagi para tenaga pendidik yang jauh dari  jangkauan dan perhatian pemerintah perlu dilakukan. “Di sinilah peran dan konstribusi pemuda dibutuhkan,” pungkas Yasir (***)

Related posts

Leave a Comment