Polda Sulsel: Cara Napi Kabur Bak Adegan Film Action Hollywood

Ilustrasi Tahanan Kabur
Ilustrasi Tahanan Kabur

Makassar, KABAROKE — Rizal Budiman (22 tahun), Tajrul Kilbareng (31), dan Iqbal alias Bala (31) berhasil kabur dari Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Klas 1 Makassar, Minggu dini hari kemarin, 7 Mei 2017.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani menyebut, cara tiga narapidana yang kabur itu bagaikan adegan film hollywood. Apalagi, kata dia, pelarian tiga napi kasus pembunuhan itu lambat disadari oleh petugas lapas.

Ia menjelaskan, cara kabur para napi bermula ketika mereka menggergaji besi penutup lubang ventilasi udara di kamar mereka. Mereka kemudian menyusuri ventilasi udara tersebut hingga berhasil keluar dari blok kamar mereka.

Setelah itu, ketiganya merayap menyusuri gorong-gorong saluran pembuangan air, menuju tembok pembatas. Menggunakan sarung yang telah diberikan besi pemberat, mereka kemudian berhasil memanjat tembok. Sarung itu juga yang mereka gunakan untuk turun dari tembok.

Lokasi mereka memanjat, kata Dicky, tepat disebuah menara pos penjagaan. Hanya saja, pada pos itu, tak ada petugas yang berjaga.

“Mereka loncat, kemudian mereka lewat gorong-gorong air, lanjut mereka loncat ke pos, pos yang tengah, kebetulan pos tersebut tidak ada orang. Banyak pos tidak ada orang, Sabtu malam itu yang jaga cuma delapan orang di LP ini,” kata Dicky ketika mintai tanggapannya, Senin, 8 Mei 2017.

Pihak kepolisian telah menyita sejumlah barang bukti dari alat yang digunakan para napi untuk kabur. Diantaranya, gergaji berukuran kecil, besi berbentuk jangkar dan sarung.

“Dari pos itu, mereka loncat, tapi kita temukan juga, ada paku-paku ini dibengkokkan seperti jangkar, kalau kita liat, seperti difilm-film action hollywood itu, ketika mau loncat di dinding pakai jangkar itu. Kemungkinan mereka bisa turun pakai itu,” bebernya.

Ia menyatakan pihaknya telah membentuk satuan khusus untuk mengejar tiga narapidana itu.

“Kita sudah bentuk tim, kita akan kejar. Kita gini saja, saya sarankan lebih baik menyerahkan diri saja, kita udah bentuk tim. Kalau mereka melawan terpaksa kami akan lakukan tindakan tegas. Kita akan kejar kemanapun, lembaran DPO-nya juga sudah kita sebar,” ujarnya. (Yasir)

Related posts

Leave a Comment