Masjid 99 Kubah di Kawasan Reklamasi Pantai Makassar Segera Dilaunching

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo Saat Groundbreaking Masjid CPI
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo Saat Groundbreaking Masjid CPI (Foto : Internet)

Makassar, KABAROKE — Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengungkapkan Masjid Center Point of Indonesia (CPI) di Kota Makassar, Sulsel, segera diresmikan. Bila tidak ada aral melintang, masjid dengan 99 kubah rancangan dari Ridwan Kamil alias Kang Emil itu akan dilaunching pada Maret 2018.

“Masjid 99 kubah itu didesain oleh Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung, yang sekarang maju sebagai Calon Gubernur Jabar. Sekarang proses dibangun (Masjid CPI), doakan dapat dilaunching pada Maret, ” kata Gubernur Syahrul, dalam keterangan persnya, di Makassar.

Masjid rancangan Kang Emil itu dibangun di kawasan reklamasi CPI, tepatnya di pesisir pantai Kota Makassar. Masjid dengan 99 kubah diklaim akan menjadi masjid termegah di Asia. Pembangunan Masjid CPI dimulai bertepatan dengan momentum peringatan Hari Pancasila dengan anggaran mencapai Rp169 miliar.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Cipta Karya dan Tata Ruang Sulsel, Darmawan Bintang, sebelumnya mengungkapkan pembangunan Masjid CPI murni berasal dari gagasan Gubernur Syahrul. Adapun, keterlibatan Kang Emil sebatas perancang desain atas ide Gubernur Syahrul.

“Idenya murni dari Gubernur Sulsel yang kemudian dirancang lebih lanjut oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Masjid ini akan menjadi ikon baru Sulsel,” kata Darmawan.

Masjid CPI, menurut Darmawan akan dikenal sebagai Masjid 99 Kubah. Latar-belakangan adanya 99 kubah karena mengikuti Asmaul Husna. Tiap kubah akan bertuliskan masing-masing gelar Allah SWT. Diproyeksikan pihaknya, Masjid CPI bakal menjadi 30 masjid terunik di dunia.

Di Indonesia sendiri, Masjid CPI diyakini masuk dalam kategori 10 masjid terunik. “Ini akan menjadi masjid terbesar di Sulawesi dengan konsep water front. Masjid ini juga mengusung konsep wisata religius,” tutur Darmawan.

Darmawan melanjutkan Masjid CPI dibangun di atas lahan 72 meter x 42 meter. Kapasitas masjid megah tersebut diproyeksikan mampu menampung sekitar 13.075 jemaah. Dana pembangunan Masjid CPI bersumber dari APBD Sulsel, APBD Makassar dan dana dari donatur.

Untuk tahap awal, menurut Darmawan, pembangunan tahap I dilakukan dengan target pembangunan fisik mencapai 30 persen. Anggaran yang disiapkan untuk pembangunan fisik tahap I tidak kurang dari Rp50 miliar. (***)

Related posts

Leave a Comment