Soni Sumarsono jadi Gubernur Sulsel

Pelantikan Soni sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan
Pelantikan Soni sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan

Makassar, KABAROKE.COM — Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Soni Sumarsono resmi dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Senin, 9 April 2018.

Menteri Tjahjo menitipkan pesan dan tugas yang harus dilakukan Soni selama enam bulan pemerintahan. Fokusnya, pelaksanaan pilkada serentak di sejumlah daerah dapat terlaksana dengan baik.

“Pertama harus cepat berkoordinasi dengan semua elemen, semua tokoh masyarakat, tokoh agama, daerah-daerah untuk menyukseskan Pilkada serentak,” kata Tjahjo Kumolo.

Tugas kedua Soni Sumarsono, lanjut Tjahjo, adalah menjamin jalannya roda pemerintahan di Sulsel selama 6 bulan ke depan. “Fungsi Pak Soni sebagai Dirjen Otda bisa menggerakkan, bisa mengorganisir dari Sekda sampai SKPD sampai ke tingkat kepala desa,” tuturnya.

Selanjutnya, kata Tjahjo Kumolo, Soni Sumarsono harus melanjutkan program-program dari Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang yang ditinggalkannya. Mendagri menyebut banyak program yang sudah berhasil dari Syahrul.

“Yang ketiga, saya yakin Pak Soni akan melanjutkan apa program-program yang sudah berhasil dari Pak Gub dan Pak Wagub lama. Karena, tugas beliau hanya sampai dilantiknya gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil pilkada.
Saya yakin Pak Soni mampu, dan didukung oleh semua pihak,” pungkasnya.

Soni Sumarsono mengaku sudah punya sejumlah agenda penting yang akan dilakukan. Khususnya dalam menjamin suksesnya pelaksanaan Pilkada pada sejumlah daerah di Sulsel.

“Saya akan mengawal Pilkada serentak, supaya aman, nyaman dan damai. Yang paling penting tolong dicatat, netralitas ASN menjadi prioritas saya,” kata Soni.

Related posts

Leave a Comment