Sambut Hakteknas, Pemkot Makassar Siapkan 20 Inovasi Smart City

Kepala Dinas Perdagangan Makassar, Andi Muhammad Yasir
Penjabat Sekretaris Kota Makassar, Andi Muhammad Yasir

Makassar, KABAROKE — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Badan Penelitian dan Pengembang (Balitbang) mulai bersiap menyambut Hari Kebangkitan Teknologi Nasional atau Hakteknas ke-23. Pemkot Makassar akan ikut ambil bagian dalam ajang expo inovasi teknologi yang merupakan rangkaian peringatan Hakteknas pada tahun ini di Pekanbaru.

Penjabat Sekretaris Kota Makassar, AM Yasir, menyampaikan pihaknya telah menggelar rapat untuk membahas partisipasi Makasar dalam ajang expo inovasi dan teknologi pelayanan publik pada peringatan Hakteknas ke-23. Makassar tentunya tidak mau ketinggalan mengingat kegiatan yang digelar Kemristekdikti RI itu akan diikuti oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota se-Indonesia.

“Kita sedang godok, tahap awal kan sudah dibahas dalam rapat terkait keikutsertaan Pemkot Makassar pada ajang expo inovasi dan teknologi pelayanan publik pada peringatan Hakteknas,” ucapnya, di Makassar.

Kepala Balitbangda Kota Makassar, Aryani Puspa, mengatakan Pemkot Makassar berencana mengikutsertakan berbagai inovasi pelayanan smart city dalam kegiatan expo tersebut. Paling tidak ada 20 inovasi unggulan smart city yang bisa dipamerkannya pada ajang bergengsi tersebut.

“Kita akan menampilkan 20 inovasi unggulan pelayanan publik dalam smart city dari 18 SKPD yang ada untuk diikut sertakan pada ajang expo di Pekanbaru,” ujarnya.

Aryani menegaskan dari 20 inovasi unggulan SKPD yang diikut sertakan dalam kegiatan expo tersebut, dibutuhkan pengecekan data serta profil yang lengkap. Itu merupakan salah satu persyaratan dari inovasi SKPD untuk diikutsertakan. “Ini merupakan ketentuan yang diminta dari Kemristekdikti sebagai syarat untuk mengikuti ajang expo tersebut,” jelasnya.

Untuk itu, Aryani menghimbau agar SKPD yang bersangkutan segera merampungkan data-datanya dan mengkoordinasikannya kepada Balitbangda sebagai salah satu bentuk laporan ke Menristekdikti RI. (***)

Related posts

Leave a Comment