Jumlah Korban KM Lestari Maju Masih Simpang Siur

Penumpang KM Lestari Maju (Foto : Istimewa)
Penumpang KM Lestari Maju (Foto : Istimewa)

Makassar, KABAROKE — Kapal feri bernama KM Lestari Maju dilaporkan tenggelam di perairan Kabupaten Selayar, Provinsi Sulsel, Selasa (3/7). Kapal yang mengangkut ratusan penumpang dan muatan itu sekarang dalam proses evakuasi. Adapun jumlah korban dalam musibah tenggelamnya kapal itu hingga kini masih simpang siur.

Kepala Bidang Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, mengungkapkan KM Lestari Maju yang dilaporkan tenggelam sudah dikandaskan di salah satu pulau. Kapal feri itu tidak seluruhnya karam alias tenggelam. Laporan sementara, KM Lestari Maju memang mengalami masalah kebocoran lambung kapal.

KM Lestari Maju diketahui berlayar dari pelabuhan Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, menuju Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Selayar. Lambung kapal disebut bocor sehingga nakhoda berinisiatif membawanya ke pulau terdekat sebelum tenggelam.

“Kapal itu sedang dikandaskan di salah satu pulau, jadi tidak sepenuhnya tenggelam di laut. Ya dikandaskan saja. Saat kapal tersebut oleng, banyak yang terjun,” kata Dicky, Selasa (3/7).

Kepolisian belum mengetahui dan belum menerima laporan pasti mengenai penyebab bocornya lambung kapal. Sedangkan, informasi awal terdapat empat korban meninggal dunia, termasuk salah satu bayi. Hanya saja, belum diketahui identitasnya. “Sekarang kami masih proses evakuasi dulu,” tuturnya.

KM Lestari Maju
KM Lestari Maju

Informasi jumlah korban KM Lestari Maju sendiri masih simpang siur. Terdapat pula kabar yang menyebut jumlah korban meninggal sebanyak enam orang dan ada pula yang mengabarkan tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono, sendiri membenarkan soal kabar nahas KM Lestari Maju. Namun dia menampik bahwa ada korban. Sejauh ini, pihaknya belum menerima laporan adanya korban jiwa. “Sudah selesai, dan tak ada korban, hanya kandas di Bira,” singkatnya. (**)

Related posts

Leave a Comment