Asa Sulsel Jadi Tuan Rumah PON 2024

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (Foto : Pemprov Sulsel)

Makassar, KABAROKE — Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, memiliki harapan jangka panjang untuk memajukan olahraga di daerahnya. Bahkan, ia menginginkan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) kembali digelar di Sulsel. PON ke-21 pada 2024 mendatang menjadi bidikannya.

Diketahui Sulsel telah lama membidik menjadi tuan rumah PON, setelah terakhir kalidigelar pada 1957 di Kota Makassar. Sulsel merupakan tuan rumah PON ke IV. Untuk itu, Nurdin menegaskan persiapan harus dimatangkan dari sekarang. “Kita harus siap, makanya kita persiapan,” kata dia, Senin (24/9).

“Kalau kita tuan rumah risikonya harus jadi juara umum. Oleh karena itu, melalui pekan Porda 2018 ini, kita persiapkan atlit, kalau kita bisa menyiapkan atlit mumpuni, kita siap,” sambung Nurdin yang membuka Porda 2018 di Kabupaten Pinrang yang berlangsung sepanjang pekan ini.

Nurdin melanjutkan jika ingin menjadi tuan rumah, memang berbagai hal perlu dipersiapkan. Termasuk menemukan bibit atlit dan juga pembangunan infrastruktur. Demikian juga dengan target menjadi yang terbaik.

“Untuk persiapan kita mencukupi sebagai tuan rumah, semua penyelenggara PON itu pasti venuenya jadi bagus, makanya kita pingin, dan ajang Porda ini mencetak atlit terbaik daerah, tidak lagi membawa nama daerah tetapi nama provinsi Sulsel,” harapnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Nurdin menyebutkan akan mendatangkan pelatih asing. Di sisi lain, penyelenggaraan PON pun akan menguntungkan tuan rumah, karena ada perputaran ekonomi.

“Pertumbuhan ekonomi kita, langsung melejit, karena seluruh Indonesia tumpah di Sulsel,” pungkasnya.

Menjadi tuan rumah PON juga merupakan harga diri bagi Sulsel. Untuk itu pada PON berikutnya yakni tahun 2024 mendatang, Sulsel diharapkan terpilih menjadi tuan rumah setelah PON 2020 yang akan dihelat di Papua. (***)

Related posts