Pemkot Makassar Adakan 2 Kali Festival Layang-layang

M Ramdhan Pomanto

Makassar, KABAROKE — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Pariwisata mengagendakan dua kali pelaksanaan festival layang-layang pada tahun ini. Agenda pertama telah sukses dilaksanakan di Pantai Akkarena pada Agustus lalu. Sedangkan, agenda kedua direncanakan berlangsung Oktober nanti.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, mengatakan festival tahunan ini diharapkan mampu mengundang wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Toh, permainan layang-layang cukup digemari oleh semua kalangan. Bahkan, permainan tersebut menjadi salah satu daya tarik pariwisata, khususnya di Kota Daeng.

“Festival ini merupakan asahan kreativitas bagi masyarakat. Ini juga salah satu olahraga dan seni yang harus terus dipertahankan,” kata Danny, di Makassar.

Menurut Danny, festival layang-layang pertama digelar masih dalam rangkaian kegiatan pasca Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia ke-73. Selanjutnya, festival serupa juga akan diselenggarakan saat event internasional F8 pada Oktober 2018.

“Untuk yang kegiatan keduanya akan diadakan saat acara F8 pada Oktober 2018 mendatang,” ucap orang nomor satu di Kota Makassar itu.

Festival layang-layang 2018 di Akkarena menampilkan bermacam-macam jenis layang-layang. Di antaranya yakni layang-layang 2D, layang-layang 3D dan layang-layang naga yang menambah serunya festival ini.

“Event ini sangat ditunggu-tunggu dan cukup bergengsi sebab tak hanya diramaikan oleh peserta dari berbagai daerah di Tanah Air tapi juga diikuti oleh peserta dari Luar negeri,” ujar mantan penasihat ahli tata kota Makassar ini.

Dalam event ini, selain festival layang-layang yang menjadi sajian utama, Dinas Pariwisata Makassar juga mengajak masyarakat dan pengunjung untuk berpartisipasi dalam workshop pembuatan layang-layang. (***)

Related posts