Suku Bunga Acuan AS Kembali Naik

Ilustrasi Suku Bunga AS

Washington, KABAROKE — Bank Sentral Amerika Serikat Federal Reserve (The Fed) kembali menaikkan suku bunga acuan mereka (Fed Fund Rate/FFR) sebesar 25 basis poin (bps) pada Rabu, (26/9/2018) waktu setempat, sebagaimana dilansir kompas.com.

Pejabat The Fed pun mengindikasikan akan kembali menaikkan FFR pada bulan Desember mendatang dan tiga kali lagi di tahun 2019. Naiknya suku bunga ini bukti independensi The Fed selepas Presiden Donald Trump meminta mereka untuk menahan suku bunga.

Ini karena alasan semakin menguatnya dollar AS terhadap nilai mata uang negara-negara di dunia.

The Fed kembali menekankan ekonomi AS kuat dan tidak lagi membutuhkan stimulus dari bank sentral yang berlaku selama AS mengalami krisis.

Tahun ini, The Fed telah meningkatkan suku bunga mereka dari 1,75 persen menjadi 2 persen, dan kembali meningkat sebesar 2,25 persen. Angka tersebut merupakan yang tertinggi dalam 10 tahun terkahir dan kemungkinan akan mulai dirasakan oleh mereka yang memiliki banyak utang atau sedang mencari pinjaman dari bank.

Setelah The Fed meningkatkan suku bunga, maka turut meningkatkan suku bunga dari kartu kredit, mortgages dan pinjaman-pinjaman untuk bisnis-bisnis berukuran kecil. (****)

Related posts