Keren! Selayar Bakal Punya Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Foto : Benergi)

Makassar, KABAROKE — Kabupaten Kepulauan Selayar akan mendapatkan suntikan energi kelistrikan dengan kehadiran Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 1,3 Mega Watt. Proyek PLTS di Selayar itu rencananya dibangun oleh PLN dengan menggandeng berbagai pihak. Bahkan Asian Devolepment Bank (ADB) turut mendukung proyek tersebut.

Asisten Administrasi Setda Kepulauan Selayar, Dahlul Malik, mendukung penuh rencana pembangunan PLTS di daerah kepulauan tersebut. Pihaknya pun mengapresiasi sekaligus berterimakasih kepada PLN wilayah Sulselrabar atas upaya membangun pembangkit listrik.

“Semoga ini segera dibangun dan mencukupi kebutuhan listrik masyarakat Kepulauan Selayar,” ujar Dahlul.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Selayar, Mesdiyono, menambahkan dukungan pemerintah daerah terhadap pembangunan proyek PLTS dibuktikan dengan mempermudah perizinan. Diklaim Mesdiyono, berbagai perizinan proyek tersebut digratiskan, kecuali IMB.

Manajer Perencanaan PLN Wilayah Sulselrabar, Basuki Sugiarto, mengungkapkan pembangunan PLTS di Selayar memang sangatlah cocok. Itu karena Selayar merupakan satu-satunya kabupaten lingkup Sulsel yang terpisah dari daratan Pulau Sulawesi.

Meski demikian, Basuki berharap pemerintah daerah bisa lebih membantu dalam hal pembangunan proyek PLTS, khususnya terkait kemudahan perizinan, termasuk lahan pembangunan proyek kelistrikan. (***)

Related posts