Tekan Biaya Logistik, Pelindo IV Bangun PLB

Dirut Pelindo IV Farid Padang

Makassar, KABAROKE — PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo IV berencana membangun Pusat Logistik Berikat (PLB) di Pelabuhan Makassar untuk efisiensi biaya logistik bagi para stakeholder. Hal ini terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Pendirian Pusat Logistik Berikat di Pelabuhan Makassar”, yang digelar PT Pelindo IV di Ruang Serbaguna Lantai 7 Kantor Pusat Pelindo IV Makassar, Kamis kemarin.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang, mengatakan pembangunan PLB di Pelabuhan Makassar akan melibatkan seluruh instansi dan stakeholder terkait. “Untuk itulah, kami [Pelindo IV] mengundang seluruh instansi dan stakeholder di Pelabuhan Makassar untuk sama-sama berdiskusi dalam forum [FGD] ini,” kata Farid dalam sambutannya saat membuka Focus Group Discussion Pusat Logistik Berikat.

Dia menuturkan ada empat latar belakang yang menjadi alasan pihaknya menggelar FGD Pusat Logistik Berikat. Pertama, sebagai wadah untuk mendapatkan masukan terkait rencana pendirian PLB di Makassar.

Kedua, Pusat Logistik Berikat nantinya dapat mendorong meningkatnya perdagangan Indonesia Timur ke pasar global. Ketiga, akan banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh pengguna PLB, di antaranya penangguhan Bea Masuk (BM) dan tidak dipungut Pungutan Lain Dalan Rangka Impor (PDRI), penundaan pembayaran BM-PDRI saat pengeluaran dan lain-lain.

“Keempat, dengan berdirinya PLB dapat menekan risiko fluktuasi harga bahan baku dan kepastian tersedianya pasokan bahan baku dalam waktu singkat,” pungkasnya. (***)

Related posts