Tak Hanya Sampaikan Duka, Inggris Siap Bantu Indonesia Pasca-Rentetan Bencana

Dalam Beberapa Bulan Terakhir, Sejumlah Daerah di Indonesia Dirundung Bencana (dok net)

Jakarta, KABAROKE — Pemerintah dan rakyat Inggris menyampaikan dukacita dan doa atas peristiwa gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala,Sulteng serta bencana alam di Lombok, NTB. Inggris juga menyatakan siap memberikan bantuan.

Hal itu diungkapkan Menteri Negara untuk urusan Persemakmuran, PBB dan Kementerian Luar Negeri Inggris, Lord Ahmad of Wimbledon yang menjadi tamu kehormatan dalam acara resepsi diplomatik yang diadakan KBRI London dalam rangka HUT RI ke-73 dan HUT TNI bertempat di KBRI London, Kamis malam.

Minister Counselor KBRI London, Thomas Siregar kepada Antara London, Jumat mengatakan dalam acara resepsi diplomatik hadir sekitar 300 undangan terdiri atas sejumlah duta besar, atase pertahanan dan kalangan diplomatik, serta pejabat dari kalangan Pemerintah Inggris, pengusaha dan mitra kerja KBRI London.

Pemerintah Inggris telah menyampaikan bantuan sebesar dua juta pounsterling serta bantuan alat angkut udara berupa pesawat Hercules C-130 dan sejumlah bantuan kemanusiaan lainnya.

Lord Ahmad memuji eratnya hubungan Inggris dan Indonesia selama ini khususnya dalam bidang pendidikan, perdagangan dan investasi. Inggris menyambut baik hubungan kerja sama yang semakin baik dan meningkat dengan Indonesia di masa depan.

Dubes RI untuk Inggris Raya, Republik Irlandia dan Organisasi Maritim Internasional, Rizal Sukma menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia kepada pemerintah dan rakyat Inggris atas ucapan simpati, bantuan dan dukungan yang diberikan dalam membantu korban gempa bumi dan Tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Dubes Rizal Sukma mengajak seluruh hadirin meluangkan waktu sejenak untuk mendoakan korban bencana alam di Sulawesi Tengah dan menyampaikan terima kasih kepada Lord Ahmad of Wimbledon yang bersedia hadir pada acara resepsi diplomatik dalam rangka perayaan HUT ke-73 RI dan TNI. (**)

Related posts