2019, Makassar Target Dua Penghargaan Ini

Wali Kota Makassar M Ramdhan ‘Danny’ Pomanto (Foto : SINDOnews)

Makassar, KABAROKE — Pemerintah Kota (Pemkot) dibawah komando wali kota, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, kembali memasang target meraih penghargaan Adipura dan Kota Sehat pada 2019. Untuk itu, Danny mengingatkan sekaligus mengimbau seluruh jajaran aparatur pemerintah maupun masyarakat untuk saling bahu-membahu mewujudkannya demi Makassar yang lebih baik.

Makassar mesti menjadi pionir dalam mewujudkan kota dengan lingkungan yang lebih baik. Danny tidak ingin malu, terlebih ia berstatus Ketua Asosiasi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi Indonesia (Akkopsi). Karena itu, sedari awal, ia langsung melakukan evaluasi evaluasi terkait kekurangan-kekurangan yang masih perlu dibenahi.

Salah satu yang ingin dicapai, Danny melanjutkan yakni status Open Defecation Free (ODF), kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Itu penting guna memutus mata rantai penyebaran penyakit yang berbasis lingkungan. Merealisasikan ODF di Makassar yang merupakan kota metropolitan sejatinya tidak sulit.

“Kita sudah bangkit dari keterpurukan dengan MTR (Makassar Tidak Rantasa) dan LISA (Lihat Sampah Ambil) yang membutuhkan konsistensi dan komitmen. Perlu direcovery lagi semangat kita untuk Makassar tidak rantasa (kotor). Ya di dalamnya mesti capai ODF nol persen,” terang dia.

Danny pun meminta permasalahan sosial dan lingkungan dapat menjadi perhatian serius. Guna memastikan penanganan permasalahan itu berjalan, ia siap terjun langsung memantau kinerja aparatur pemerintah hingga ke tingkat terendah. Dilanjutkannya, koordinasi dan sinergitas sangat penting dalam mewujudkan program-program strategis pemerintahan.

“Semangat koordinasi Kota Sehat dan Adipura pada intinya sama saja. Kalau kita dapat Kota Sehat, maka Insha Allah kita dapat Adipura. Makanya, kita kerja sekaligus karena ini mirip-mirip. Bank sampah akan lebih kita semarakkan lagi. Lalu kita bikin lorong bioregister,” pungkasnya. (***)

Related posts