Ini Pertimbangan Sandi Ingin Bentuk Kementerian Khusus Bencana

Sandiaga Uno Saat Berkunjung ke Korban Banjir di Makassar (Foto : Istimewa)

Makassar, KABAROKE — Calon Wakil Presiden RI, Sandiaga Salahuddin Uno, kembali melakukan kunjungan ke Kota Makassar, Sulsel. Kali ini, ia menyambangi korban banjir sekaligus menggelar diskusi penanggulangan bencana bersama masyarakat dan lembaga bantuan sosial Makassar di Kecamatan Tamalate, Kelurahan Mangasa, Sabtu pekan lalu.

Sandi meminta kedatangannya di kampung yang terkena banjir akibat luapan Sungai Jenebarang ini tidak dikaitkan dengan kegiatan politik. Kehadirannya lebih kepada bentuk kepedulian sekaligus kegiatan kemanusiaan.

Calon wakil presiden berlatarbelakang pengusaha itu mengajak seuruh elemen masyarakat yang ingin membantu untuk memberikan sumbangan para korban banjir melalui badan Yayasan Amal Jariyah Indonesia. Di wilayah itu, ada 143 rumah yang tenggelam, 200 kepala keluarga yang terkena dampaknya dan 1000 orang yang merasakan dampak banjir paling buruk tersebut.

Di hadapan para korban banjir, Sandi pun menyampaikan keinginannya membentuk Kementerian Penanggulangan Bencana. Dengan bentuk upaya pencegahan dan penanggulangan bisa lebih baik lagi.

“Dengan banyaknya bencana di negeri ini, saya bersama Prabowo-Subianto, jika diberikan amanat melayani masyarakat, akan membentuk kementerian penanggulan bencana, agar ada tindakan sebelum dan sesudah bencana. Indonesia terletak di Ring of Fire. Sudah saatnya kita punya kementerian untuk penanggulan bencana tersebut,” ucap Sandi, dalam keterangan persnya.

Sriyanti, salah seorang korban banjir mengeluhkan minimnya bantuan dari pihak yang berwenang. “Kami membutuhkan baju sekolah dan buku-buku,” kata Sriyanti.

Hal yang sama dikemukakan Ibu Fatimah dan Pak Zahrun, mengenai lambatnya penaggulangan pasca banjir.

Sandi pun mengutip firman Allah SWT, bahwa dibalik kesulitan ada kemudahan. “Mudah-mudahan kita semua di sini diberikan kemudahan usai banjir ini,” doa Sandi yang diamini seluruh korban banjir. (****)

Related posts