Kompensasi Pembangunan Tol Layang di Makassar, Ribuan Pohon Ditanam

Penanaman Ribuan Pohon sebagai Kompensasi Pembangunan Tol Layang di Makassar

Makassar, KABAROKE — PT Nusantara Infrastructure yang merupakan induk usaha PT Bosowa Marga Nusantara melakukan penanaman ribuan pohon di Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Sulsel, Kamis (31/01). Penanaman ribuan pohon itu merupakan bentuk kompensasi atas pembangunan tol layang Pettarani di Kota Makassar yang mengakibatkan banyak pohon harus ditebang.

Pemerintah Kota Makassar pun merespons positif langkah PT Nusantara Infrastructure yang akhirnya mulai menanam ribuan pohon. Terlebih, upaya kompensasi tersebut memang sudah sesuai dengan amanat undang-undang. Bahkan, jumlah pohon yang rencananya ditanam PT Nusantara Infrastructure melampaui perhitungan yakni mencapai 5.600 pohon.

“Di undang-undang kalau tidak salah itu dua kali lipat kompensasinya untuk satu pohon yang ditebang karena proses konstruksi. Ya ini rasanya lebih empat kali lipat,” ucap Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto usai menghadiri seremoni penanaman pohon di Jalan Perintis Kemerdekaan.

Diketahui akibat dari pembangunan proyek tol layang sepanjang Jalan AP. Pettarani, sedikitnya ada 922 pohon yang terpaksa di tebang. Pohon-pohon itu berada di taman pada median jalan. Penebangan pohon diketahui merupakan keharusan mengingat infrastruktur yang dibangun merupakan tol layang.

Danny Pomanto menegaskan proyek infrastruktur, apalagi untuk kemaslahatan orang banyak kadang harus mengorbankan hal yang berada di lokasi pembangunan. Salah satunya ya terkadang lingkungan berupa penebangan pohon. Olehnya itu, perlu ada kompensasi atau penggantian sehingga lingkungan tidak rusak.

“Tapi di sisi lain kita tidak dirugikan, justru dengan semangat dari pihak pengembang didorong aturan yang berlaku sebenarnya sejalan dengan upaya kita untuk tambah ruang hijau,” pungkasnya. (**)

Related posts