Makassar Tuan Rumah Diplofest 2019

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto Menerima Kunjungan Pihak Kemenlu Membahas Penyelenggara Diplofest 2019

Makassar, KABAROKE — Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menunjuk Kota Makassar sebagai tuan rumah Diplomacy Festival atau Diplofest 2019 pada 22-23 Februari mendatang. Kemenlu sendiri telah memulai event pertama rangkaian Diplofest yang akan diisi dengan pelatihan seputar diplomasi.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, mengaku bangga dan berkomitmen untuk mensukseskan kegiatan tersebut. Pemilihan Kota Daeng sebagai tuan rumah, sambung dia, tidak lepas lantaran Makassar merupakan salah satu daerah di Indonesia yang gencar melakukan jalinan kerja sama dengan berbagai negara.

“Ya mereka memilih Makassar karena Makassar telah memiliki perjanjian kerja sama dengan 17 negara. Rupanya dilihat dari situ. Makassar merupakan kota yang sangat antusias dalam menjalin hubungan luar negeri,” kata Danny, usai menerima kunjungan resmi dari perwakilan Kemenlu di Kota Makassar, Senin (11/2).

Danny menyampaikan guna mensukseskan Diplofest 2019, pihaknya sudah merancang beberapa acara tambahan. Ia berniat mengajak Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, untuk bersilaturahmi denga tokoh-tokoh Makassar untuk sharing sekaligus menambah wawasan warga Makassar terkait hubungan luar negeri.

“Jadi nanti saya tawarkan ibu Menlu (Retno Marsudi) untuk bersilaturahim dengan tokoh-tokoh Makassar. Kita akan ajak dinner dan sediakan audiensi untuk saling bertukar pikiran dan menambah wawasan kita soal hubungan luar negeri,” ucapnya.

Rangkaian Diplofest 2019 nantinya akan memberikan pelatihan soft-skill mengenai diplomasi. Di antaranya yakni simulasi sidang di PBB dan mengenal hal-hal keprotokoleran dalam event diplomatik. Para pengunjung dapat berbincang dengan para diplomat RI mengenai bagaimana kehidupan menjadi duta bangsa di negara lain.

DiploFest 2019 terselenggara atas kerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia atau BRI. Kegiatan yang digagas Kemenlu tersebut bertujuan untuk mendiseminasikan informasi mengenai diplomasi Indonesia kepada masyarakat luas, khususnya kepada generasi milenial.

Diplofest 2019 juga merupakan pengejawantahan visi nawacita Presiden RI, Joko Widodo alias Jokowi, untuk DIplomasi Membumi. (***)

Related posts