KPU Sulsel Distribusikan Logistik Pemilu ke Pulau Terluar

Polda Sulsel Turut Mengawal Distribusi Logistik Pemilu 2019

Pangkep, KABAROKE — Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Selatan (KPU Sulsel) mendistribusikan logistik Pemilu lebih awal ke pulau terluar di Kabupaten Pangkajene Kepualauan (Pangkep).

“Ini yang paling cepat kita distribusikan, kemudian menyusul di Kabupaten Kepulauan Selayar dan Luwu Utara yang juga akses geografinya cukup sulit,” kata Ketua KPU Sulsel Misnah Attas disela pendistribusian logistik Pemilu melalui Pelabuhan Rakyat Paotere, Makassar, seperti dilansir dari Antara.

Dia mengatakan, untuk pengamanan logistik Pemilu yang diberangkatkan paling awal dibandingkan daerah lainnya karena posisi dua pulau besar di Kepulauan Pangkep ini yakni Pulau Liukang Kalmas dan Liukang Tangngayya, memiliki pulau-pulau kecil terdepan yang berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Jawa Timur (Jatim).

Hal tersebut dibenarkan Ketua KPU Pangkep Burhan yang turut mendampingi Ketua KPUSulsel dalam proses pengapalan logistik Pemilu 2019 dan juga pengiriman personel pasukan pengamanan, baik dari pihak kepolisian maupun dari TNI setempat.

Berdasarkan data KPU Sulsel menyebutkan jumlah kotak suara yang didistribusikan ke kedua kecamatan itu sebanyak 497 kotak suara. Sedangkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pulau Liukang Tangngayya sebanyak 13.280 orang dan Pulau Liukang Kalmas t9.062 orang.

Terkait dengan pengamanan proses Pemilu di kepulauan Kabupaten Pangkep, Kepala Biro SDM Polda Sulsel Kombes Pol Ragil pada kesempatan yang sama mengatakan, pihaknya menurunkan sedikitnya 296 personel dan setiap TPS akan dijaga satu hingga dua orang petugas kepolisian.

“Selain itu, pengamanan dari pihak kepolisian, juga didukung pengamanan Pemilu dari pihak TNI yang disiagakan setiap saat,” katanya.

Pendisitribusian logistik Pemilu di Pulau Liukang Tangngayya dan Liukang Kalmas serta puluhan pulau-pulau kecilnya akan berlangsung kurang lebih delapan hari ke depan, sehingga pada hari pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 tidak ada kendala logistik Pemilu di lapangan. (****)

Related posts