39 Kapal Terbakar di Pelabuhan Benoa

Kapal Zahro Express yang Terbakar Mengakibatkan Puluhan Orang Meninggal (dok net)

Ilustrasi Kapal Terbakar (dok net)

Denpasar, KABAROKE — Sebanyak 39 buah kapal terbakar di pelabuhan Benoa, Bali. Peristiwa ini terjadi pada Senin (9/7/2018) dini hari pukul 02.00 Wita.

Bahkan sampai Senin siang, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama kepolisian masih berusaha melakukan pemadaman.

Kabid Kegawatdaruratan BPBD Denpasar Ida Bagus Yoga mengatakan, pihaknya menerima laporan dari Polsek Benoa bahwa ada kebakaran kapal.

Awalnya hanya satu kapal yang terbakar. Namun, dalam waktu singkat menyebar ke sejumlah kapal lain yang ditambat berdekatan di pelabuhan barat Benoa.

“Upaya pemadaman melibatkan 11 unit mobil pemadam kebakaran,” kata Yoga, dilansir dari kompas.com, Senin (9/7).

Namun, upaya pemadaman mengalami sejumlah kendala. Di antaranya minimnya ketersediaan keran air khusus pemadam sehingga mobil pemadam yang kosong setelah digunakan harus mengambil air di luar areal pelabuhan.

“Kendalanya di mobilisasi pengambilan air, Pelindo seharusnya menambah jumlah keran air agar lebih banyak,” kata Yoga.

Sementara itu, belum dilaporkan adanya korban jiwa dalam kejadian ini, tetapi kerugian material ditaksir mencapai miliaran rupiah.

“Harga satu kapal sekitar Rp 3 miliar, tinggal dikalikan saja perkiraan kerugiannya,” ujar Yoga.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran. Tim Inafis dari Polda Bali masih melakukan penggalian data di lapangan. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *