Pasca Gempa, Tiga Layanan di RSUD Banyumas Lumpuh

Pelayanan Rumah Sakit lumpuh akibat gempa

Pelayanan Rumah Sakit lumpuh akibat gempa

Banyumas, KABAROKE.COM — Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Banyumas Jawa Tengah menghentikan sementara tiga layanan untuk pasien menyusul gempa bumi semalam. Langkah ini dilakukan karena kondisi gedung rusak berat. Pengelola RSUD itu masih mendata kerusakan yang terjadi.

Tiga layanan yang dihentikan yakni radiologi, haemodialisa dan laboratorium. Gedung untuk tiga unit layanan ini mengalami kerusakan parah, dinding gedung tiga lantai ini retak. Bahkan di bagian belakang, atap gedung ambruk. Seluruh dinding retak dengan alur yang mengarah kerusakan struktur gedung.

Sedangkan bagian dalam gedung seperti plafon juga rusak. Pasien di tiga layanan ini, terutama hemodialisa atau cuci darah, dialihkan ke rumah sakit lain.

Sementara, pengelola RSUD masih berupaya membenahi peralatan agar bisa difungsikan lagi.
RSUD Banyumas merupakan bangunan yang terdampak paling parah akibat gempa bumi tengah malam tadi.

Berdasarkan siaran pers dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG), gempabumi berkekuatan 6,9 magnitudo terjadi di darat pada jarak 6 km arah tenggara Kota Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat dengan kedalaman 120, Jumat (16/12/2017) pukul 23.47.58 WIB. Pusat gempa di darat atau dekat pantai.

BMKG menyebutkan gempa yang terasa di Jakarta dan Depok memiliki skala II hingga III Modified Mercalli Intensity (MMI). Skala II MMI artinya, getaran dirasakan beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan skala III MMI, yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *