Ada Simbol UNM di Baliho IYL-Cakka, Sivitas: Karena belum Punya Partai?

Baliho IYL-Cakka Cantumkan Logo UNM Disoroti Sivitas Akademika
Baliho IYL-Cakka Cantumkan Logo UNM Disoroti Sivitas Akademika

Makassar, KABAROKE — Baliho kampanye kandidat pasangan bakal calon Gubernur Sulawesi Selatan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) menjadi pembicaraan netizen. Tampak, baliho tersebut memuat simbol Menara Pinisi UNM (Universitas Negeri Makassar) beserta logo UNM.

Menanggapi hal itu, sejumlah sivitas mengkritik baliho tersebut. Meski belum jelas apakah simbol UNM itu dimuat sengaja atau tidak, namun hal tersebut tetap dianggap tidak patut.

Salah satu sivitas UNM, Asri Ismail menilai adanya baliho yang menjadikan ikon kampus UNM sebagai latarnya, sebenarnya secara langsung menegaskan diri bahwa ada klaim dukungan. Baginya, kampus tidak boleh diikut-ikutkan dalam konstalasi politik praktis.

“Sekalipun tidak boleh dinafikkan bahwa kampus selalu beririsan dengan kekuasaan, terkecuali oknum tertentu. Karena kampus itu, tidak memiliki suara yang searah, mereka diisi oleh orang-orang yang ‘liar’ dan susah diatur, mereka punya daya pikir sendiri untuk menentukan pilihannya,” kata Asri Ismail, Selasa, 10 Oktober 2017.

Hal itu, menurutnya, semakin mencemaskan, karena politisi semakin mudah mencaplok identitas-identitas kampus sebagai bagian dari strategi pertarungan. Semoga saja, kata Asri, tidak ada oknum kampus yang mencoba “menjual” nama kampus UNM untuk kepentingan pribadi.

Baca Juga  NH Targetkan Dulang Suara Hingga 60 Persen di Makassar

“Mungkin karena tidak adapi tawwa partainya IYL, jadi pakai Logo UNM dulu,” kelakarnya.

BEM UNM Tegas Mengecam

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNM Mudabbir menegaskan jika pihaknya mengecam segala bentuk politik praktis yang mencoba masuk ke wilayah kampus. Hal tersebut, kata dia, bertentangan dengan Pasal 8 Ayat 1 UU Nomor 8 Tahun 2012.

“Kami jelas dan tegas mengecam siapapun yang melakukan politik praktis terhadap institusi UNM baik secara langsung maupun tidak langsung,” ungkapnya.

Mudabbir mengatakan pihak BEM UNM akan mengumpulkan bukti dan sejumlah informasi sekaitan dengan beredarnya baliho tersebut. Jika terbukti ada pihak yang sengaja memuat simbol UNM, pihaknya tak akan tinggal diam.

“Setelah nanti dikaji baik-baik dan memang terindikasi, tentu kami secara kelembagaan akan mengawal sebagaimana mestinya,” ujarnya. (Yasir)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Leave a Comment