Asuransi Bisa Dorong Inklusi Keuangan di KTI

Zurich Luncurkan Produk Asuransi Terbaru di Makassar

Makassar, KABAROKE — Langkah PT Zurich Topas Life, grup perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia untuk meluncurkan produk teranyarnya, Zurich Principle Care di Kota Makassar, Sulsel, Kamis (26/7), bukan tanpa pertimbangan. Makassar merupakan daerah strategis, bahkan bisa dibilang pintu gerbang Kawasan Timur Indonesia.

Memiliki populasi lebih dari 1,7 juta jiwa, Makassar merupakan wilayah dengan potensi ekonomi yang sangat potensial. Pada 2017, pertumbuhan ekonomi Makassar mencapai 7,9%, jauh di atas angka nasional sebesar 5,07%. Tingginya potensi pertumbuhan ekonomi itu diikuti dengan sinyal positif dari tingkat inklusi keuangan yang meningkat tiap tahunnya.

Sebanyak 41% masyarakat di Indonesia Timur sudah memiliki akses terhadap produk perbankan. Namun, ternyata hanya setengah dari angka tersebut yang memang benar-benar telah memiliki produk perbankan, termasuk asuransi. Penetrasi asuransi di daerah ini pun masih berada pada kisaran 2 – 3%.

Dari sisi jalur distribusi, agen masih mendominasi untuk wilayah Makassar dengan hampir 400 tenaga agen pemasar yang terbagi dalam 3 kantor pemasaran mandiri. Olehnya itu, kehadiran produksi asuransi teranyar dari Zurich di Makassar juga merupakan bagian dari upaya mendorong literasi dan inklusi keuangan di Indonesia Timur.

“Bagi kami agen bukan semata untuk memasarkan produk, namun berperan penting dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya perlindungan asuransi. Apalagi melihat urgensi untuk lebih mendorong literasi dan inklusi keuangan di wilayah Timur Indonesia,” kata Chief of Agency and Premier Advisor Zurich Topas Life, Budi Darmawan.

Zurich Principle Care merupakan produk asuransi yang dikeluarkan PT Zurich Topas Life, perusahaan asuransi jiwa yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan alias OJK. Budi menyebut produk asuransi teranyarnya memberikan perlindungan lengkap bagi kaum muda alias kaum produktif di Indonesia terhadap risiko penyakit kritis yang semakin meningkat.

Zurich Principle Care memberikan perlindungan terhadap seluruh jenis penyakit kritis. Termasuk stroke, jantung, kanker, gagal ginjal, sirosis hepatiti, haemofilia, leukimia, dan thalesemia. Lebih lanjut, produk inovasi ini juga memberikan manfaat klaim maksimal sampai tiga kali, klaim penyakit kanker lanjutan, manfaat angioplasti, layanan opini medis kedua, serta manfaat meninggal dunia.

Melalui inovasi Zurich Principle Care, Zurich ingin membantu kaum dan keluarga muda Indonesia agar lebih siap dalam menghadapi risiko penyakit kritis. Dengan mengambil alih risiko beban finansial dari penyakit kritis sejak dini, maka kaum muda dapat fokus untuk berkarya dan mengejar passion-nya,” pungkasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *