Bandara Ngurah Rai Akhirnya Kembali Dibuka

Bandara Ngurah Rai Dinilai Tak Cukup untuk Mengakomodasi Kian Banyaknya Wisatawan yang Ingin Berkunjung ke Bali (dok net)

Bandara Ngurah Rai Dinilai Tak Cukup untuk Mengakomodasi Kian Banyaknya Wisatawan yang Ingin Berkunjung ke Bali (dok net)

Makassar, KABAROKE — Setelah sempat ditutup untuk operasional penerbangan sejak Senin, (27/11), Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai akhirnya kembali beroperasi normal pada Rabu, (29/11), terhitung mulai pukul 15.00 WITA. Keputusan itu merupakan hasil rapat evaluasi terkait erupsi Gunung Agung di ruang Emergency Operation Center (EOC), Rabu, (29/11), sekitar pukul 13.00 Wita.

Deputi General Manager Bidang Operasi Makassar Traffic Air Service Center (MATSC) AirNav Indonesia, Davitson Aritonang, membenarkan informasi perihal dibukanya kembali operasional Bandara Ngurah Rai pada hari ini. “Iya benar, Bandara Ngurah Rai di Bali saat ini sudah dibuka terhitung pukul 15.00 WITA. Itu amerupakan hasil rapat evaluasi kondisi terkini erupsi Gunung Agung,” kata dia, Rabu, (29/11).

Dalam rapat tersebut, fitur terkait sistem peringatan keselamatan penerbangan berupa Volcano Observatory Notice for Aviation alias Vona memang telah mengalami penurunan status dari RED ke ORANGE. Disertai kabar baik tersebut, seluruh instansi terkait penerbangan pun menyepakati untuk kembali membuka operasional Bandara Ngurah Rai pada hari ini mulai pukul 15.00 WITA

Rapat evaluasi terkait erupsi Gunung Agung diikuti oleh unsur pimpinan dari PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Otoritas Bandara Wilayah IV Denpasar, Lanud Ngurah Rai, AirNav Cabang Denpasar, BMKG Ngurah Rai, Polri dan Basarnas Bali. Rapat evaluasi tersebut dipimpin langung oleh Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Denpasar.

Sebelumnya, penutupan Bandara Ngurah Rai dilakukan sejak Senin, (27/11), pukul 07.00 WITA, akibat semburan abu vulkaniknya membahayakan penerbangan. Imbas penutupan bandara intensional tersebut, banyak aktivitas penerbangan. Sedikitnya ada ratusan jadwal penerbangan domestik dan internasional yang dibatalkan.

Berdasarkan data yang dihimpun awak media, penutupan Bandara Ngurah Rai bahkan sempat mengakibatkan tujuh penerbangan domestik dan internasional mendadak dialihkan. Pengalihan ditempuh lantaran pesawat tersebut sudah dalam perjalanan tatkala ada keputusan penutupan bandara. Penerbangan itu pun dialihkan ke Surabaya, Jakarta dan Singapura. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *