BI Sulsel Sediakan Layanan Penukaran Uang Kecil di 38 Titik

Kas Keliling Bank Indonesia untuk Penukaran Rupiah Baru Diserbu Warga

Kas Keliling Bank Indonesia untuk Penukaran Rupiah Baru Diserbu Warga

Makassar, KABAROKE — Bank Indonesia (BI) memberikan pelayanan prima kepada masyarakat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Salah satunya dengan membuka layanan penukaran uang kecil. Di Sulsel, layanan yang disiapkan oleh BI itu tersebar di 38 titik. Lokasinya di pusat keramaian, kantor mitra strategis dan kantor perbankan.

“Layanan penukaran uang kecil untuk memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil menjelang Lebaran. Layanan ini sudah mulai dibuka pada hari ini (Selasa, 22 Mei). Lokasinya tersebar di tempat-tempat dan juga kantor perbankan dengan total 38 titik,” ucap Bambang.

Layanan penukaran uang kecil ala BI dilakukan bekerjasama dengan 30 perbankan. Layanan terpadu itu disediakan melalui penempatan kas keliling di pusat-pusat keramaian. Kas kelilinh serupa juga tersedia di Lapangan Karebosi Jalan Ahmad Yani dan kompleks Perumahan BI di Jalan Sultan Alauddin.

Selain itu, kas keliling juga tersedia di sejumlah kantor instansi mitra BI yakni Kantor Gubernur Sulsel, Kantor Balai Kota Makassar, Markas Polda Sulsel, Markas Kodam XIV Hasanuddin dan lain-lain.

Layanan penukaran uang kecil dibuka sejalan dengan peningkatan kebutuhan uang rupiah pada Ramadan dan Idul Fitri. Terlebih, Kota Makassar merupakan pusat perekonomian di kawasan timur Indonesia, dengan aktivitas masyarakat yang meningkat seiring jelang hari raya.

Untuk penukaran uang pecahan kecil, Bambang menyebut masyarakat bisa mendatangi kas keliling yang dibuka hingga 8 Juni. Kas dibuka setiap Senin hingga Jumat, mulai pukul 9.00 WITA hingga 12.00 WITA. Setiap orang dibatasi hanya boleh menukarkan uang maksimal Rp5 juta.

Pada Ramadan tahun ini, BI Sulsel menyiapkan uang kartal sebanyak Rp3,9 triliun. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan realisasi tahun 2017 sebesar Rp3,3 triliun.

Bambang menegaskan komitmen BI dalam memastikan ketersediaan uang kartal di masyarakat. Untuk wilayah pulau terpencil, BI juga menyediakan kas keliling lewat kapal-kapal yang bekerja sama dengan Lantamal VI. Kas ini antara lain akan mengunjungi delapan pulau di kabupaten Pangkep. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *