Deng Ical dan Cicu Terlempar dari Bursa Cawalkot Golkar, Ini Penjelasan Partai Beringin

Dua Bakal Calon Wali Kota Makassar Syamsu Rizal alias Deng Ical dan Rachmatika Dewi alias Cicu

Dua Bakal Calon Wali Kota Makassar Syamsu Rizal alias Deng Ical dan Rachmatika Dewi alias Cicu

Makassar, KABAROKE — Desk Pilkada Golkar Sulsel merilis lima nama kandidat yang bakal diusungnya pada Pilwalkot Makassar 2018. Dari lima figur tersebut, tidak ada nama Syamsu Rizal alias Deng Ical dan Rachmatika Dewi alias Cicu. Padahal, keduanya merupakan figur berpengaruh di daerah ini. Deng Ical merupakan Sekertaris Demokrat Sulsel sekaligus Wakil Wali Kota Makassar. Sedangkan Cicu berstatus Ketua NasDem Makassar sekaligus Wakil Ketua DPRD Sulsel.

Merujuk pada hasil Rapat Pleno Diperluas DPD Partai Golkar Sulsel di Hotel Clarion Makassar, Jl AP Pettarani, Makassar, Sulsel, Kamis lalu, lima nama yang masuk bursa Cawalkot Golkar adalah Danny Pomanto (wali kota Makassar), Rusdin Abdullah (Bendahara Golkar Sulsel), Munafri Arifuddin (Munafri Arifuddin) Irman Yasin Limpo (Kadis Pendidikan Pemprov Sulsel) dan Farouk M. Betta (Ketua Golkar Makassar).

Subhan Jaya Mappatunru selaku Wakil Ketua Desk Pilkada Golkar Sulsel mengungkap alasan sehingga pihaknya hanya mengusulkan lima nama, termasuk soal tersingkirnya Deng Ical dan Cicu dari bursa kandidat Golkar.

“Kami melihat mereka (lima figur terpilih) punya resource (sumber daya) untuk maju dalam Pilwali kota Makassar 2018,” kata Subhan, di Makassar.

Golkar meyakini mereka mampu bertarung di Pilwali Makassar sebagai calon wali kota Makassar. “Kami anggap Pak Danny punya resource dan seorang Incumbent, begitupun dengan Pak Munafri dan Rusdin dengan latar belakang pengusaha, pasti dia punya kemampuan untuk maju. Apalagi pak Rusdin sudah pernah bertarung,” katanya.

Selain itu, Subhan juga menganggap Irman YL punya modal sebagai pemenang kedua pada Pilwali 2013. “Saya kira itu juga pertimbangan kami, Pak None punya peluang besar juga untuk maju,” katanya.

Lalu, mengapa Golkar tak meloloskan Syamsu Rizal MI (wakil wali kota Makassar) dan Andi Rachmatika Dewi?

“Kami dibatasi hanya dengan lima nama, andaikan ada tambahan akan kita tambahkan,” katanya.

Tapi, Golkar buru-buru mengklarifikasi Deng Ical dan Cicu bukannya tak punya kapasitas maju sebagai calon wali kota Makassar pada Pilwali 2018.

“Bukan karena pertimbangan itu, ada banyak pertimbangan sehingga kami hanya meloloskan lima, salah satunya adalah pembatasan dari DPP,” katanya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *