Desainer Asal Korea Selatan Ciptakan Baju Jenazah Ramah Lingkungan

Lee dengan baju rancangannya infinity burial mushroom
Jae Rhim Lee mengenakan baju jenazah rancangannya infinity burial mushroom

KABAROKE – Aneh dan unik. Mungkin itu yang terlihat dari hasil karya desainer dan seniman Jae Rhim Lee. Kepeduliannya terhadap lingkungan telah memberikannya inspirasi untuk membuat baju infinity burial mushroom. Eits, tapi sayangnya baju rancangannya itu bukan untuk manusia loh, melainkan untuk jasad orang telah meninggal.

Baju rancangannya berfungsi untuk mendekomposisi jasad manusia lebih cepat dan lebih ramah lingkungan. Dilansir dari Daily Mail, baju tersebut berisi spora jamur pemakan daging, yang bisa mencerna jaringan tubuh manusia.

Saat seseorang meninggal, umumnya jasad akan dikubur. Jasad yang dikubur akan bersatu dengan tanah. Namun sayangnya, proses tersebut dibutuhkan waktu lama hingga tubuh benar-benar kembali ke alam.

Selain itu, beberapa komunitas juga berharap orang yang sudah meninggal, masih bisa tetap berguna bagi lingkungannya. Dengan terciptanya infinity burial mushroom ini bisa menjadi jawaban.

Saat mengembangkan baju tersebut, Lee menguji beberapa jenis jamur, termasuk jamur konsumsi. Lee ingin melihat efektivitas jamur tersebut dalam mencerna sampel rambut, kulit dan kuku manusia.

Baca Juga  Menyalakan Lampu Saat Tidur, Bahayakah?

Eksperimen Lee membuahkan hasil. Ternyata beberapa jenis jamur pemakan daging bisa mencerna jaringan tubuh manusia lebih cepat. Dari situlah Lee menjadikan jamur tersebut sebagai material utama baju tersebut.

Baju buatan Lee juga bisa memecah toksin yang dilepaskan ketika proses dekomposisi. Baju jamur itu bisa mengeliminasi sekitar 300 bahan kimia yang dilepaskan ke lingkungan jika seseorang meninggal.

“Saya terinspirasi dari ide bahwa jamur adalah agen dekomposisi terbaik di dunia,” kata Lee kepada BuzzFeed. Jika bicara soal harga, tentu saja harga baju ramah lingkungan ini tidak murah. Bagi yang tertarik, mereka harus membelinya secara online seharga US$1500, atau setara Rp19,8 juta. Tidak hanya bagi manusia, baju serupa juga bisa diaplikasikan bagi binatang peliharaan.

(Sumber: cnnindonesia.com)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Leave a Comment