Dinsos: Puluhan Warga Bulukumba Gangguan Jiwa

Ilustrasi Ganggung Jiwa

Ilustrasi Ganggung Jiwa

Bulukumba, KABAROKE.COM — Pemerintah Kabupaten Bulukumba (Pemkab) melalui Dinas Sosial (Dinsos) awal tahun 2018 ini mencatat Orang Dengan Gangguang Jiwa (ODGJ) sebanyak 28 orang. Dari jumlah tersebut, 6 penderita gangguan jiwa sudah dipulangkan ke keluarganya.

Dari jumlah itu, 20 dari 50 penderita OGDJ pada 2017 lalu, masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) dan sebagian besar sudah dipulangkan ke keluarga mereka karena dianggap sudah pulih.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Bulukumba, Andi Sudriman Patikai mengatakan, Pemkab Bulukumba akan terus membantu penderita gangguan jiwa. Khususnya dalam pengananan ODGJ, Dinas Sosial berkolaborasi dengan berbagai komunitas yang ada di Bulukumba.

Menurut Andi Sudirman, gangguan jiwa yang terjadi yaitu, mudah lupa dan membuka pakaian. Sehingga untuk kesehatan kejiwaan, pihak Dinas Sosial memilih untuk mengikuti apa yang membuat mereka nyaman agar gangguan kejiwaannya tidak bertambah.

Awal pekan ini, Dinsos telah memulangkan tujuh orang penderita ganguan jiwa dari RSJ di Makassar. Mereka dinyatakan pihak RSJ sudah pulih serta dapat berbaur kembali dengan lingkungan sekitarnya.

Hanya saja, Dinsos masih memiliki beberapa orang yang mengalami gangguan jiwa untuk diserahkan ke RS Jiwa Makassar.

“Ada Satu orang berinisial R (38) warga Kecamatan Gantarang, yang diserahkan ke Dinas Sosial untuk penanganan dan pembinaan. Saat ini yang tercatat tinggal di rumah singgah Dinas Sosial Bulukumba di Taccorong, ada empat orang,” ujar Andi Sudirman, Kamis (12/4/2018).

Selain R, masih ada tiga orang lainnya yang dipersiapkan untuk dirujuk ke RS Jiwa di Makassar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *