DPR Kinerja Soroti Kinerja Kemenag Soal First Travel

Polisi Tangkap Pimpinan First Travel [dok net]
Polisi Tangkap Pimpinan First Travel [dok net]
Jakarta, KABAROKE – Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mujahid mengaku kecewa terhadap Kementerian Agama (Kemenag) karena tidak melakukan antisipasi terhadap perusahaan travel yang bermasalah yang berujung banyak korban tertipu.

Sodik mengaku sudah memberikan peringatan kepada Kemenag dari jauh-jauh hari terkait aktivitas First Travel yang sudah melanggar aturan tapi pihak Kemenag tidak pernah menghiraukannya.

“Saya sudah warning ke teman-teman Kemenag. Padahal sebelum itu sudah melanggar aturan, kita sampaikan ke Kemenag. Tapi Kemenag masih beralasan kalau dihentikan sekarang khawatir bagaimana korbannya,” Kata Sodik di Warung Daun Cikini, Menteng, Jakarta, Sabtu (12/8).

Sodik menyampaikan seharusnya ada 3 hal yang dilakukan oleh Kemenag dalam menanggulangi masalah semacam ini. Pertama dengan melakukan penyuluhan intensif kepada masyarakat agar tidak terkecoh harga murah, kedua dengan memberi sanksi sebelum pencabutan, serta imbauan kepada korban untuk tidak sungkan melapor.

Baca Juga  DPR Pastikan Arcandra Hanya Miliki Satu Kewarganegaraan

Dalam kasus ini, First Travel menawarkan harga pemberangkatan umrah yang lebih murah dari agen travel lainnya. Pembeli tergiur dan memesan paket umrah.

Namun, hingga batas waktu yang dijanjikan, calon jemaah tak kunjung berangkat. Perusahaan itu kemudian dianggap menipu calon jemaah yang ingin melaksanakan umrah.

Kepolisian telah menahan Direktur Utama First Travel Andika Surachman dan istrinya, Anniesa Desvitasari, yang juga direktur di perusahaan tersebut. (Iqbal)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Leave a Comment