Gara-gara Ucapan ‘Fitsa Hats’, Ahok Dipolisikan Lagi

Basuki T Purnama (Ahok)/dok net
Basuki T Purnama (Ahok)/dok net

Jakarta, KABAROKE — Ucapan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) soal ‘Fitsa Hats’ berbuntut panjang. Rencananya, Advokasi Cinta Tanah Air (ACTA) akan melaporkan terdakwa kasus penistaan agama itu ke Polda Metro Jaya, Kamis (5/1) siang ini.

Koordinator ACTA, Habiburokhman menyebut, Ahok sudah melakukan rasis dengan menafsirkan bahwa Habib Novel Barmukmin tak mau bekerja di perusahaan nonmuslim. “Dia sudah rasis dan menebar kebencian permusuhan antar agama,” kata Habiburokhman kepada wartawan di Jakarta, Kamis (5/1).

Habiburokhman mengatakan, Ahok sudah mencampuradukkan aqidah dan pekerjaan seseorang. Menurutnya, Novel memang tak ingin dipimpin pemimpin yang tak seiman lantaran ada ajaran agama yang menganjurkan seperti itu. Namun, Ahok sudah menyatakan kalau Novel malu bekerja di perusahaan nonmuslim (Pizza Hut).

“Padahal No‎vel tak pernah menyatakan seperti itu. Dia bekerja beda dengan cari pemimpin. Bekerja itu halal, peras keringat dan tenaga,” tuturnya.

Politikus Gerindra ini lantas membawa sejumlah barang bukti seperti rekaman berita soal ucapan Ahok, transkrip, dan satu berita online yang menjadi alat untuk menjerat Cagub DKI itu. “Saya yakin bisa dijerat karena Ahok berbicara di luar persidangan (saat konferensi pers),” katanya.

Baca Juga  Kuasa Hukum Ahok : Pembelaan Kami Sudah Sempurna

Habiburokhman sendiri yakin Ahok bakal dijerat Pasal 28 ayat 2 UU ITE yang berisi perbuatan melawan kebencian atas dasar suku, agama, dan ras.

‎Seperti diketahui, kejadian ini bermula sesaat setelah persidangan pada Selasa 3 Januari 2017. Ahok merasa janggal karena salah satu saksi, yaitu Novel Chaidir Hasan Bamukmin menyebut nama waralaba asal Amerika Serikat yang pertama kali didirikan di Kansas, AS tahun 1958 itu dengan nama yang aneh dalam Berita Acara Pemeriksaan atau BAP-nya.

“Ada saksi yang malu kerja di Pizza Hut tapi sengaja diubah jadi ‘Fitsa Hats’. Saya sampai ketawa, padahal semua mesti tanda tangan. Dia bilangnya enggak memperhatikan,” ujar Ahok di Gedung Kementan, Jakarta Selatan, Selasa malam.

Menurut Ahok, Novel Bamukmin malu mengakui pernah bekerja di perusahaan Amerika. “Saya pikir dia malu tidak boleh dipimpin oleh yang tidak seiman. Pizza Hut kan punya Amerika. Dia tulis ‘Fitsa Hats,” katanya. (Iqbal)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Leave a Comment