Idul Fitri 1439 H, Pelindo IV Gelar Mudik Gratis di 8 Pelabuhan

Direktur Utama PT Pelindo IV Doso Agung

Direktur Utama PT Pelindo IV Doso Agung

Makassar, KABAROKE — Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H, PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo IV (Persero) akan melaksanakan kegiatan mudik gratis mulai 8 Juni hingga 19 Juni 2018.

Direktur Utama Pelindo IV, Doso Agung, mengatakan berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini pihaknya berencana melaksanakan mudik gratis di delapan cabang alias delapan pelabuhan. “Yaitu di Cabang Makassar, Balikpapan, Samarinda, Ambon, Sorong, Tarakan, Kendari dan Cabang Parepare,” kata Doso.

Doso menyebut mudik gratis tahun ini memang berbeda, di mana sebelumnya kegiatan angkutan selalu terpusat dan dilaksanakan oleh Pelindo IV Kantor Pusat dan Cabang Makassar.

Adapun rute atau trayek mudik gratis di delapan cabang tersebut yaitu, untuk Pelabuhan Makassar menempuh rute Maros-Pangkep-Parepare-Gowa-Takalar-Jeneponto-Bantaeng-Bulukumba.

Pelabuhan Balikpapan, rutenya Samarinda-Bontang-Tenggarong. Untuk rute dari Pelabuhan Samarinda yaitu, Bontang-Sangatta-Melak-Sangkulirang.

Sementara itu, rute dari Pelabuhan Ambon yaitu Feri Liang-Bandara-Amahusu. Pelabuhan Sorong dengan rute Teminabuan-Klamono-Aimas-Sorong. Pelabuhan Kendari menempuh rute Pangkalan Nusantara : Raha-Baubau-Raha-Baubau, Pangkalan Perahu : Ereke-Wanci-Raha dan jalur darat : Kolaka.

Dari Pelabuhan Parepare, rute yang ditempuh yaitu Bulukumba-Toraja-Palopo-Sengkang-Enrekang-Polman-Bone-Soppeng- Pinrang. Sedangkan Pelabuhan Tarakan, menempuh rute Nunukan-Tanjung Selor.

Direktur Operasi dan Komersial PT Pelindo IV, Riman S. Duyo, menambahkan bahwa pihaknya sudah membuka pendaftaran untuk kegiatan Mudik Gratis ini sejak 21 Mei 2018 hingga 7 Juni 2018, dengan jumlah kuota yang telah ditentukan.

Namun kata Riman, pelaksanaan kegiatan mudik gratis baru akan dimulai pada H-7 atau tanggal 8 Juni 2018 sampai dengan H+3 atau 19 Juni 2018.

“Peserta mudik gratis adalah para penumpang kapal laut, baik kapal milik Pelni maupun kapal swasta, serta masyarakat umum yang berada di wilayah setempat. Selain menyediakan transportasi untuk mudik gratis, kami [Pelindo IV] juga menyediakan takjil untuk berbuka puasa dan makanan untuk sahur bagi peserta mudik nanti,” pungkasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *