Kejagung Miliki Waktu 2 Pekan Teliti Berkas Kasus Ahok

Pemyerahan Berkas Perkara Ahok dari Bareskrim Polri ke Kejagung [dok net]

Pemyerahan Berkas Perkara Ahok dari Bareskrim Polri ke Kejagung [dok net]

Jakarta, KABAROKE — Kejaksaan Agung memiliki waktu dua pekan untuk meneliti kelengkapan berkas perkara Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang ditetapkan sebagai tersangka dugaan penistaan agama. Kejagung yakin berkas perkara hasil pemeriksaan saksi dan ahli sudah lengkap sehingga dapat segera dilimpahkan ke pengadilan.

“Kami ada waktu dua minggu di KUHAP, ada waktu 1 minggu untuk menentukan sikap. Tapi dengan keseriusan kami di sini, kami akan segera mengambil sikap. Saya tidak akan katakan berapa hari, tapi sesegera mungkin kami akan mengambil sikap. Prinsipnya segera, yakinlah bahwa kami serius,” ujar Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Noor Rachmad.

Noor menyebut 13 jaksa itu terdiri dari 10 orang dari Kejagung, 2 orang dari Kejati DKI, dan 1 orang dari Kejari Jakarta Utara. Tim jaksa itu akan meneliti berkas perkara hasil pemeriksaan di Bareskrim Polri yang terdiri dari 3 bundel dengan total 826 halaman.

Sementara itu, Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Komisaris Besar Rikwanto mengatakan, penyerahan berkas perkara ke Kejagung menunjukkan kerja serius Polri menangani kasus Ahok. Dia optimistis perkara Ahok dapat secepatnya disidangkan di pengadilan.

“Tentunya pak jaksa mengatakan meski dikasih waku 2 minggu kalau bisa secepatnya untuk menentukan sikap. Apakah masih kurang atau sudah bisa diterima. Kepolisian optimis, pak jaksa saja optimis apalagi polisi ya. harus itu,” tutur Rikwanto.

Ahok dijerat sangkaan pidana penistaan agama karena pernyataan sambutannya di depan warga di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016. Ahok disangkakan melanggar Pasal 156 a KUHP jo Pasal 28 ayat 2 UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. (Iqbal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *