KKP-Kemenhan, Sepakat berantas Ilegal fishing

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Pertahanan

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu melakukan MoU kerjasama dalam pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan, di Kantor Kemenhan, Jakarta, Selasa (10/05)/foto KABAROKE/Fajar

Jakarta,KABAROKE РKementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Kementrian Pertahanan (Kemenhan). Melakukan MoU  kerjasama dalam pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan.

Kesepakatan yang ditandatangani oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dengan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu tersebut merupakan upaya pemerintah Republik Indonesia guna menguatkan pengawasan di bidang kelautan dan perikanan.

“Kesepakatan bersama ini juga sebagai wujud komitmen pemerintah dalam memberantas ilegal fishing di wilayah pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia yang telah menimbulkan kerugian negara akibat pemanfaatan sumber daya kelautan Dan perikanan secara ilegal,terutama yang dilakukan oleh Kapal Kapal asing,serta menegakan kedaulatan bangsa kita,” ujar Menteri Kelautan Dan Perikanan Susi Pujiastuti dikantor Kemenhan, Jakarta, Selasa (10/05).

Dalam kesempatan ini. Susi menambahkan, upaya pemerintah meningkatkan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan sangat memerlukan dukungan dari beberapa pihak. Hal ini guna membangun koordinasi yang akurat dan strategis.

“Mulai dari data dan informasi, dukungan kebijakan strategis Pertahanan negara, serta pemanfaatan teknologi agar dapat berjalan efektif dan mampu memberikan efek jera,serta mengintegrasikan kekuatan antar lembaga,” jelasnya.

Masih dalam konteks itu. Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu menegaskan pihaknya siap untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan negara dari ancama nyata salah satunya pencurian sumber daya alam Indonesia.

“Pelanggaran wilayah,pencuri sumber daya alam, mineral termasuk pencurian ikan termasuk ancaman nyata bagi negara, dan pasti Kemhan akan hadapi ancaman nyata itu,” sambung Ryamizard. (Fajar/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *