KNPI Sayangkan Penangkapan 10 Tokoh atas Tuduhan Makar

Ketua DPP KNPI Bidang OKK Risman Pasigai
Ketua DPP KNPI Bidang OKK Risman Pasigai

Jakarta, KABAROKE — Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) bidang Organisasi Keanggotaan dan Kepemudaan, Risman Pasigai, menyatakan pihaknya sangat menyayangkan penangkapan 10 tokoh atas tuduhan makar pada Jumat, 2 Desember. Penangkapan 10 tokoh berlatar belakang aktivis hingga politikus tersebut dinilai mencederai gerakan umat dan rakyat Indonesia.

Merespon penangkapan 10 tokoh tersebut, KNPI mengeluarkan sembilan poin sikap yang pada intinya menyayangkan penangkapan Rachmawati Soekarnoputri dkk. Selain Rachmawati, para tokoh yang ditangkap karena diduga makar yakni Ahmad Dhani, Eko, Adityawarman, Kivlan Zein, Firza Huzein, Ratna Sarumpaet, Sri Bintang Pamungkas, Jamran dan Rizal Kobar.

Baca Juga  Kualifikasi Piala Thomas dan Uber: Ihsan Maulana Kalah, Thailand Ubah Skor Jadi 2-1

“Penangkapan mereka adalah tindakan rezim Jokowi yang mencederai iklim demokrasi di Indonesia. Ini adalah bukti nyata dari gerakan pemerintah melalui kepolisian untuk mematikan gerakan rakyat dan melanggar HAM,” kata Risman, Jumat, 2 Desember.

Menurut Risman, penangkapan 10 tokoh tersebut bisa jadi merupakan upaya pemerintah meredam dan menakuti rakyat dalam menyampaikan aspirasi yang dijamin oleh UU. “Itu bisa jadi wujud kembalinya gaya pemerintahan yang otoriter bahkan lebih sadis dari pemerintahan orde baru,” tutur dia.

Penangkapan 10 tokoh tersebut, lanjut Risman, dianggapnya pula sebagai wujud ketakutan dan kepanikan pemerintahan Jokowi akan kritik rakyat terhadap penegakan hukum di Indonesia. (***)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Leave a Comment