Korpri Harus Jadi Pilar Pemersatu Bangsa dan Negara

Netralitas dan Profesionalitas Korpri Bakal Diuji dalam Pilkada Serentak [dok net]

Netralitas dan Profesionalitas Korpri Bakal Diuji dalam Pilkada Serentak [dok net]

Makassar, KABAROKE — Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulsel, Abdul Latief, bertindak selaku inspektur upacara pada Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel.

Bertindak sebagai komandan upacara, Abdul Kahar Kudus yang juga Kepala Bidang Penegakan Perda Satpol PP Sulsel. Sedianya, pelaksanaan upacara itu digelar di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulsel, namun karena hujan deras akhirnya dipindahkan ke Ruang Pola Kantor Gubernur.

Latief mengatakan peringatan hari jadi Korpri sepatutnya menjadi momentum untuk melakukan refleksi dan menjaga soliditas. “HUT Korpri harus menjadi momentum besar demi mencapai kemajuan bangsa Indonesia,” kata Latief, saat membacakan sambutan tertulis Presiden RI Joko Widodo, Rabu kemarin.

Disampaikan Latief, Korpri harus menjadi pilar utama pemersatu bangsa dan negara Indonesia. Sudah selayaknya aparatur sipil negara alias ASN menjadi agen perekat kebhinekaan. Toh, ASN adalah abdi negara yang mesti loyal.

Diharapkan pula Korpri menjadi organisasi budaya yang penuh inovasi dan kreativitas yang modern dan efisien. Para ASN sudah semestinya mampu melayani seluruh rakyat Indonesia dengan jiwa Pancasila.

Latief melanjutkan tantangan ASN-dulu disebut PNS, di Indonesia adalah perkembangan global yang sangat massif. Terutama dari inovasi dan perkembangan teknologi.

“Teknologi tidak hanya membawa kemudahan sehari-hari, tetapi mampu mengubah perekonomian, kehidupan sosial politik, hingga kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucap Bakal Calon Bupati Pinrang itu.

Perkembangan teknologi itu, Latief menyebut sudah sangat dipahami oleh pihak swasta. Dan, ASN tidak boleh ketinggalan dan harus bergerak mengoptimalkannya demi pelayanan publik yang memiliki tuntunan semakin tinggi. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *