KPK Siap Bantu Polri Ungkap Penyebab Kecelakaan Setnov

Juru Bicara KPK Febri Diansyah [dok net]

Juru Bicara KPK Febri Diansyah [dok net]

Jakarta, KABAROKE – Meski kasus kecelakaan yang menimpa Setya Novanto bukan ranah KPK, namun lembaga anti rasuah itu menyatakan kesediaannya membantu penyidik Polda Metro dalam penanganan kasus tersebut.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, KPK bersedia membantu Kepolisian mengungkap penyebab kecelakaan tersebut. KPK, kata dia, akan terus berkordinasi dengan Polri terkait itu.

“Perlu dibahas lebih lanjut. Tapi pada prinsipnya koordinasi terus dilakukan karena kita butuh juga informasi-informasi yang didapat dari Polda,” kata Febri Jakarta, Rabu (22/11).

Menurutnya, proses hukum sebuah kecelakaan itu fakta yang harus ditelusuri lebih lanjut bagaimana kronologisnya dan kasus yang menyangkut UU lalu lintas.

Terkait pengendara mobil yang ditumpangi Novanto, Hilman Mattauch, telah ditetapkan tersangka oleh kepolisian karena dianggap lalai saat mengemudikan mobil hingga mengakibatkan kecelakaan dan orang lain terluka.

KPK, lanjut Febri, tak menutup kemungkinan untuk memeriksa Hilman. Mengingat saat Novanto berstatus DPO ternyata ditemui bersama dengan Hilman yang juga kontributor salah satu media televisi swasta.

Diketahui, Polda Metro menetapkan Hilman Mattauch, sekaligus pengemudi mobil Toyota Fortuner yang ditumpangi Setya Novanto sebagai tersangka. Hilman disangkakan melanggar Pasal 283 juncto Pasal 310 Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan ancaman paling lama tiga bulan kurungan penjara. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *