KPUD Takalar Tetapkan Pemenang Pilkada Takalar Besok

Ilustrasi Pilkada Takalar
Ilustrasi Pilkada Takalar

Makassar, KABAROKE — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Takalar menjadwalkan rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih untuk bupati dan wakil bupati periode 2017-2022, Sabtu, 29 April. Penetapan pemenang pesta demokrasi Pilkada Takalar dilakukan seusai Mahkamah Konstitusi (MK) merampungkan gugatan sengketa Takalar, Rabu, 26 April.

Berdasarkan hasil pemungutan suara pada 15 Februari, Pilkada Takalar dimenangkan oleh pasangan calon usungan Partai NasDem dan PKS Syamsari Kitta-Achmad Se’re. Mereka unggul dengan 88.113 suara atau 50,58 persen atas pasangan petahana Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim. Pasangan petahana belakangan mengajukan gugatan sengketa pilkada, tapi ditolak oleh ke MK dalam amar putusannya.

Ketua KPUD Takalar Jusalim Sammak mengatakan atas putusan MK tersebut, pihaknya akan melanjutkan prosesi Pilkada Takalar dengan menetapkan pasangan terpilih. Kedua belah pihak yang mengikuti pesta demokrasi akan diundang dalam prosesi penetapan pemenang Pilkada Takalar. “Rapat pleno digelar besok sekitar jam 1o pagi di Kantor KPUD,” ucap Jusalim, saat dikonfirmasi, Jumat, 28 April.

Jusalim mengatakan ditolaknya gugatan pasangan petahana di MK mesti disikapi secara arif dan bijakasana. Hasil Pilkada Takalar diimbaunya agar diterima oleh semua pihak. Selanjutnya, seluruh komponen di Takalar mesti bersinergi untuk melanjutkan pembangunan dan tidak terkotak-kotak atas pilihan pada masa lalu. Jusalim mengimbau masyarakat menerima hasil akhir Pilkada Takalar.

Baca Juga  SDK-Kalma Janji Berdayakan Pelaku Ekonomi di Mamuju

“Yang namanya pertarungan, selalu ada yang menang dan kalah. Dan, seluruh fakta telah diajukan ke MK yang telah memutuskan sebagaimana adanya. Maka dari itu, semua pihak mesti legowo dengan keputusan tersebut,” jelas Jusalim.

Penetapan pemenang Pilkada Takalar direspon kepolisian setempat dengan memperketat pengamanan. Kepala Polres Takalar AKBP Iskandar mengungkapkan pihaknya sudah menyiagakan sekitar 300 personel untuk melakukan pengamanan. Fokus pengamanan tertuju pada lokasi rapat pleno yakni Kantor KPUD Takalar, Jalan Mallontarang Daeng Mawo. Kawat berduri telah dipasang di sekitaran kantor penyelenggara pilkada tersebut.

Iskandar menuturkan pihaknya juga berkoordinasi dengan Brimob Polda Sulsel. Langkah tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas. Brimob Polda Sulsel diharapkan menjadi kekuatan tambahan ketika dibutuhkan. Untuk kondisi terkini, Iskandar menegaskan masih relatif kondusif. Karena itu, pihaknya juga mengimbau agar seluruh masyarakat ikut menjaga situasi kamtibmas tetap terjaga aman. (tyk)


Was This Post Helpful:

1 votes, 5 avg. rating

Share:

Leave a Comment