Kualitas Koleksi Berlian Anda Turun ? Mungkin Ini Penyebabnya

Berlian membutuhkan perawatan khusus agar kuaitasnya tetap terjaga.
Berlian membutuhkan perawatan khusus agar kuaitasnya tetap terjaga.

KABAROKE – Memiliki koleksi batu berlian memang harus berhati-hati menjaganya. Jika teledor sedikit saja, maka bisa membuat kualitas berlian yang Anda miliki berkuang. Bahkan nilai jualnya bisa turun drastis.

Penyimpanan yang tidak tepat sering menjadi penyebabnya. Hal itu dikarenakan adanya perubahan kondisi yang bisa mempengaruhi bentuk atau fisik berlian. Ada baiknya berlian disimpan secara terorgnisir. Sehingga berlian tidak akan beradu satu sama lain, yang bisa membuatnya tergores.

Selain itu, berlian yang dibentuk dari temperatur sekitar 900 derajat celcius, tapi ketika terjadi perubahan mendadak dari 0 ke 100 derajat celcius bisa menyebabkan thermoshock.

“Efeknya. Dengan adanya perubahan suhu yang signifikan tersebut, bisa menyebabkan perubahan pada bentuk berlian itu sendiri,” kata Head of Product Management Frank & Co Devi Chayadi yang dikutip dari cnnindonesia.

Sedangkan pada perhiasan berlian yang ditambahan dengan material logam seperi emas, perlu perawatan extra. Perawatan juga dilakukan terhadap kandungan emasnya. Dalam hal ini, berlian dengan kandungan emas jangan sampai terkena klorin. Itu akan menyebabkan emas menjadi lunak dan mudah berubah bentuk.

Baca Juga  Bertahap, Harga Emas Kian Murah

Jika emas menjadi lunak maka akan membuat perhiasan menjadi rapuh, sisi emas yang seharusnya jadi pelindung berlian justru bisa membuat berlian menjadi hilang.

(Sumber: cnnindonesia.com)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Leave a Comment