Libur Tahun Baru, Ini Tips Aman dan Nyaman Bagi Calon Penumpang di Bandara

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. (int)
Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. (int)

Makassar, KABAROKE — Perayaan Natal dan Tahun Baru 2017 dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur ke luar kota. Baik itu wisata, maupun sekadar bersilaturrahmi dengan keluarga.

Memen tersebut tentu saja membuat lonjakan penumpang di sejumlah Bandara mengalami peningkatan. Terkait situasi tersebut, calon penumpang diharapkan waspada terhadap tindak kriminalitas yang manfaatkan situasi yang padat di bandara.

Untuk itu, General Manager (GM) Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Cecep Marga Sonjaya memberikan tips aman dan nyaman bagi calon penumpang.

Datang Lebih Awal

Cecep menjelaskan, mementum libur Natal dan Tahun Baru membuat aktivitas di Bandara mengalami peningkatan. Termasuk padatnya kendaraan yang keluar masuk area Bandara.

Untuk itu, datang ke Bandara lebih awal menjadi salah satu langkah untuk menghindari calon terjebak macet di jalan dan ketinggalan pesawat. Apalagi, semakin ketatnya pengamanam dan pengawasan yang sedikit memakan waktu saat pemeriksaan.

Bawa Barang Seperlunya

Meskipun hendak berlibur, calon penumpang diharapkan tidak membawa barang berlebihan. Bawa barang seperlunya saja.

Gunakan juga koper ataupun ransel yang sesuai dengan muatan barang anda. Secara tidak langsung penumpang akan merasa nyaman saat hendak memasuki area bandara karena barang bawaan yang tidak berat.

Selain itu, membawa barang seperlunya juga akan memperlancar calon penumpang pada saat periksaan. Tidak memakan waktu yang lama, karena barang bawaan yang diperiksa juga sedikit.

Baca Juga  KELEWATAN! Kantor DPRD Selalu Dijadikan Tempat Berpesta Narkoba oleh Hasanuddin

Bijak Memilah Barang

Untuk menciptakan rasa aman dan nyaman, calon penumpang juga diminta untuk bijak dalam memilah barang yang akan dibawa ke kabin dan yang akan disimpan dalam bagasi.

Usahakan membawa serta barang berharga dan tidak menaruhnya didalam tas, ransel ataupun koper yang dititipkan ke bagasi. Hal itu juga bertujuan untuk menciptakan rasa tenang calon penumpang saat menikmati penerbangan.

Kurangi Penggunaan Perhiasan

Calon penumpang juga diharapkan tidak membawa ataupun menggunakan perhiasan berlebihan saat ke Bandara.

Selain untuk mencegah terjadinya tindak kriminal seperti pencopetan ataupun pencurian, tidak menggunakan perhiasan berlebihan juga dapat memperlancar calon penumpang saat proses pemeriksaan.

Jam tangan, ikat pinggang, telepon genggam, laptop dan barang logam lainnya juga diharapkan tidak dibawa kecuali mendesak.

Lakukan Web Check-in

Bila memungkinkan, calon penumpang juga diharapkan dapat melakukan web check-in untuk mengantisipasi panjangnya antrian. Cara tersebut juga dianggap efektif untuk memperlancar proses perjalanan calon penumpang.

Disarankan juga agar calon penumpang melakukan check-in di bandara paling lambat 2 jam sebelum keberangkatan dan hadir lebih awal di Bandara. (Yasir)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Leave a Comment