Lulusan SMP Retas 4.600 Situs Hanya untuk Pamer

Brigjen Rikwanto
Brigjen Rikwanto

Jakarta, KABAROKE – Seorang peretas dunia maya yang diketahui lulusan Sekolah Mengenah Pertama (SMP), SH, ditangkap pihak kepolisian setelah meretas situs tiket.com.

Selain itu ada 4.600 situs lainnya yang diretas oleh SH bersama tiga anak buahnya. SH ditangkap polisi Rabu (29/3) minggu lalu.

Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Pol. Rikwanto, menjelaskan kerugian tiket.com dari perbuatan SH mencapai Rp 1.9 miliar.

“Baru kami ketahui tiket.com, ratusan juta rupiah sampai Rp1,9 miliar. Hitungan yang berhasil diambil oleh pelaku berkaitan pembobolan penjualan tiket.com. Kita masih dalami yang lain juga,” kata Brigjen Pol. Rikwanto saat ditemui di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (5/4).

Rikwanto menjelaskan, kebanyakan peretasan situs yang dilakukan SH bersama temannya, bermotif sekedar unjuk gigi.

Baca Juga  Breaking News: Gempa 5,3 SR Guncang Mentawai

“Kebanyakan urusan unjuk kemampuan, unjuk jago, dia berhasil buka itu dia tunjukan kepada juniornya dan merupakan kebanggaan bagi dirinya,” beber Rikwanto.

“Menurut rekannya tiga orang yang tertangkap duluan, itu ada 4.600 situs yang pernah dia buka,” kata Rikwanto.

SH bersama rekannya, lanjut Rikwanto, mengenal satu sama lain melalui media sosial Facebook. Ketiganya merupakan ‘gamers’ yang sering berbagi ilmu retas.

Rikwanto juga menjelaskan, SH bisa terjerat tiga pasal sekaligus.

“Bisa pencurian, undang-undang ITE, tindak pidana pencucian uang juga kita kenakan kepada yang bersangkutan,” jelasnya. (***)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Leave a Comment