Massa Aksi 121 Diperkirakan Capai Ribuan Orang

Demo Mahasiswa
Demo Mahasiswa

Jakarta, KABAROKE — Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), Kamis (12/1), pagi ini secara serentak menggelar aksi ‘bela rakyat 121’ di 19 titik di seluruh Indonesia. Untuk wilayah Jakarta sendiri, demonstrsi tersebut akan dilakukan di depan Istana Negara, Jakarta Pusat.

Pihak Polda Metro Jaya mengatakan sudah menerima pemberitahuan terkait aksi tersebut dari koordinator wilayah Jakarta.

“Sudah diberitahukan, aksi rencananya mulai pukul 10.00 WIB, massa juga katanya ribuan yang akan hadir. Sesuai aturan akan kita kawal sampai pukul 18.00 WIB,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Kamis (12/1).

Ia mengatakan, pihak Kepolisian akan mengawal jalannya aksi tersebut. Sejumlah pasukan telah disiapkan, meskipun tak dijelaskan secara rinci berapa personil yang akan diturunkan.

“Untuk jumlah personel intinya cukup lah. Kita sudah sesuaikan dengan jumlah massa yang akan turun ke jalan,” tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, di Jakarta, mahasiswa yang tergabung dalam BEM se-Jabodetabek dan Banten (BSJB) rencananya akan menurunkan sekitar 500 hingga 700 orang untuk aksi tersebut. Mereka akan berangkat dari kampus masing-masing dengan menggunakan kendaraan pribadi dan bus yang akan berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia (HI) terlebih dahulu sebelum melakukan aksi di depan Istana .

Baca Juga  Mahasiswa Ngaku Dipukuli Polisi saat Aksi 212 di Makassar

Dalam pernyataan resminya, mereka ingin menuntut Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) untuk menarik PP No 60 Tahun 2016 terkaitkenaikan tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang mengatur kenaikan beberapa produk Kepolisian seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Tak hanya itu, mereka juga meminta Jokowi untuk membuat kebijakan yang pro kepada rakyat, dan mengecam pemerintahan yang menurut mereka kerap ‘cuci tangan’ atas kebijakan yang telah dibuat.

Mereka juga menuntut agar pemerintah dapat menstabilkan harga kebutuhan pangan serta menolak kenaikan tarif listrik golongan 900VA dan dikembalikannya subsidi untuk tarif listrik golongan 900VA. (Iqbal)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Leave a Comment