Mendag : Kenaikan Harga Cabai di Beberapa Daerah Saja!

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

Jakarta, KABAROKE — Pemerintah mengklaim kenaikan harga cabai hanya terjadi di beberapa daerah, seperti Jawa, Sumatra, dan Kalimantan. Melambungnya harga cabai dikarenakan kurangnya pasokan di daerah-daerah tersebut.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjelaskan, pemerintah sudah berupaya untuk menekan harga cabai. Salah satu caranya ialah dengan membantu distribusi cabai ke daerah yang kekurangan pasokan cabai.

Kemendag bekerjasama dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan). Kemendag dan Kementan memetakan daerah mana saja yang membutuhkan pasokan cabai.

“Dengan upaya yang kita lakukan yaitu mengambil atau mengirimkan cabai rawit merah dari daerah yang Pak Dirjen hortikultura sudah turun ke lapangan, tahu sentra mana yang lebih murah, kirim ke daerah yang terhambat pengirimannya. Sehingga ada stabilitas harga,” ujarnya.

Baca Juga  Kemendag dan KPPU Kerjasama Cegah Permainan Kartel Gula

Enggar mengungkapkan pengiriman cabai sudah dilakukan beberapa hari ini. Terutama, semenjak harga cabai melonjak tak terkendali di beberapa daerah supaya harga bisa segera ditekan.

“Penurunan harga di beberapa daerah sudah terjadi karena sudah mulai mengirimkan cabai tersebut,” ungkapnya.

Namun, untuk memastikan stok cabai aman, Ditjen Hortikultura melakukan pemantauan langsung di lapangan. “Beberapa hari ini tim hortikultura turun ke lapangan,”tuturnya. (Iqbal)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Leave a Comment